Jelang Idul Adha, MTsN 3 Sleman Berbagi Hewan Kurban dan Penghargaan


Jelang Idul Adha, MTsN 3 Sleman Berbagi  Hewan Kurban dan Penghargaan Kepala Madrasah MTsN 3 Sleman Paijo, S.Ag menyerahkan penghargaan kepada salah satu siswi berprestasi
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-07-30 14:36:54

Sleman (MTsN 3 Sleman) — Bertepatan dengan hari Arafah 9 Dzulhijah1441 H atau 30 Juli 2020, MTsN 3 Sleman menyumbangkan  hewan kurban kepada kaum duafa melalui takmir masjid di wilayah sekitar madrasah. Sembilan dusun menerima sumbangan hewan kurban tersebut, yaitu Pokoh, Wonosari, Pajangan, Josari, Babadan, Saren, Demangan, Sawahan Kidul dan Kaliwaru. Delapan dusun berada di wilayah Kecamatan Ngemplak dan satu dusun berada di wilayah Kalasan, Kabupaten Sleman.

Dana untuk pembelian hewan kurban ini berasal dari sumbangan suka rela siswa, guru, dan karyawan MTsN 3 Sleman baik yg berstatus sebagai PNS maupun Non-PNS. Dana yang terkumpul sebesar Rp. 25.525.000,00  yang selanjutnya dipergunakan untuk pengadaan kambing yang memenuhi syarat untuk kurban sejumlah 9 ekor.

Jelang Idul Adha, MTsN 3 Sleman Berbagi  Hewan Kurban dan Penghargaan

Tujuan kegiatan penyaluran bantuan tersebut dalam rangka Hari Idul Kurban itu adalah untuk mendidik karakter siswa-siswi MTsN 3 Sleman. “Pembagian hewan kurban kepada masyarakat sekitar ini agar anak-anak terpanggil menjadi orang yang dermawan, peduli terhadap sesama sehingga dapat menjadi orang sukses dan mengangkat derajat keluarga,” tutur Kepala Madrasah MTsN 3 Sleman Paijo, S.Ag dihadapan para tamu undangan. Selanjutnya Kamad menjelaskan bahwa biasanya anak-anak juga berlatih melaksanakan penyembelihan hingga membagi hewan kurban karena dalam mapel Fikih terdapat pembelajaran kurban. Namun, karena wabah Covid-19 masih melanda wilayah Yogyakarta maka semua hewan kurban yang diperoleh dari iuran keluarga besar MTsN 3 Sleman itu dibagikan kepada warga masyarakat sekitar.

Penyerahan hewan kurban dilaksanakan secara simbolis di aula MTsN 3 Sleman. Kegiatan penyerahan hewan kurban dimeriahkan oleh acara pembagian penghargaan kepada 30 siswa berprestasi. Tiga siswa/siswi yang memperoleh nilai terbaik pada rapor dalam setiap rombelnya mendapatkan penghargaan berupa seperangkat alat tulis dan flashdisk dari madrasah.

Kepala Madrasah berpesan kepada para siswa-siswi berprestasi peraih penghargaan agar saling berlomba-lomba dalam meraih prestasi, mensyukuri apapun yang dimiliki, beribadah dengan baik dan berbakti kepada orang tua. (dee)

Kontributor : MTSN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 407

Bagikan