Pembelajaran Online Kian Interaktif, MAN 1 Bantul Gelar Bimtek E-Learning Madrasah


Pembelajaran Online Kian Interaktif, MAN 1 Bantul Gelar Bimtek E-Learning Madrasah Kepala MAN 1 Bantul memberikan sambutan sebelum bimtek dimulai.
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-07-30 08:29:47

Bantul (MAN 1 Bantul) – Tahun ajaran 2020/2021 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena siswa yang berada pada daerah selain zona hijau diwajibkan belajar di rumah melalui pembelajaran online. Kebijakan tersebut menuntut guru untuk mengadakan pembelajaran secara interaktif dan menyenangkan. Untuk itu, MAN 1 Bantul mengadakan bimbingan teknis (bimtek) penerapan aplikasi E-Learning Madrasah untuk menyiapkan guru memanfaatkan aplikasi tersebut guna menunjang pembelajaran online. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada Senin (27/07/2020) hingga (28/07/2020) setelah duhur.

Menurut Kepala MAN 1 Bantul, Abdul Ghofur, S.Ag., M.Pd., E-Learning Madrasah adalah sebuah aplikasi gratis produk Madrasah yang ditujukan untuk menunjang proses pembelajaran di Madrasah agar lebih terstruktur, menarik, dan interaktif. “Melalui E-Learning Madrasah, saya bisa memantau proses pembelajaran Bapak/Ibu guru, bahkan pengawas madrasah pun bisa dimasukkan dan bisa memantau proses pembelajaran yang berlangsung secara online. Hal ini akan memudahkan kami dalam memberikan bimbingan dan pengarahan,” jelas Ghofur.

Pembelajaran Online Kian Interaktif, MAN 1 Bantul Gelar Bimtek E-Learning Madrasah

Pelaksanaan bimtek menghadirkan narasumber guru MAN 1 Bantul yaitu Muhammad Zaidan, S.Pd. Materi bimtek hari pertama adalah pengenalan aplikasi, pembuatan kelas, entri Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, dan pembuatan RPP. Sedangkan hari kedua membahas bahan ajar, sistem CBT, dan video conference. Video Conference merupakan fitur baru dari E-Learning Madrasah yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan siswa supaya lebih interaktif,” jelas Zaidan.

Guru-guru MAN 1 Bantul sangat antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanaan di Aula MAN 1 Bantul. Walaupun lesehan, tidak menggunakan meja, tetapi Bapak/Ibu guru tetap mengikuti tahap demi tahap supaya bisa memanfaatkan E-Learning dengan baik. (mry)

Kontributor : MAN 1 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 390

Bagikan