Perpusda Bantul Bimbing MAN 1 Bantul Menuju Akreditasi Perpustakaan 2020


Perpusda Bantul Bimbing MAN 1 Bantul Menuju Akreditasi Perpustakaan 2020 Bambang Agus Subekti sedang memberikan pengarahan terkait akreditasi perpustakaan
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-07-30 07:57:19

Bantul (MAN 1 Bantul) -- Akreditasi perpustakaan sekolah merupakan suatu hal yang baru, setelah sebelumnya akreditasi perpustakaan sekolah merupakan satu rangkaian dalam akreditasi sekolah. Namun sekarang akreditasi perpustakaan sekolah telah berdiri sendiri. MAN 1 Bantul akan mengikuti akreditasi perpustakaan Darul Ilmi pada bulan Oktober 2020. Untuk menyukseskan agenda tersebut, MAN 1 Bantul mendatangkan narasumber dari Perpusda Bantul untuk membimbing penerjemahan instrumen penilaian akreditasi pada Selasa (30/07/2020) di Aula MAN 1 Bantul.

Menurut Kepala MAN 1 Bantul, Abdul Ghofur, S.Ag., M.Pd., untuk menyiapkan akreditasi perpustakaan Darul Ilmi, MAN 1 Bantul telah membentuk tim khusus. “Tim akreditasi dari MAN 1 Bantul telah mulai mempersiapkan berbagai instrumen walaupun semuanya, sehingga kami memohon bimbingan Bapak/Ibu dari Perpusda Bantul untuk mengecek instrumen yang kami siapkan dan sementara memberikan nilai apa adanya sebagai bentuk simulasi,” ungkap Ghofur.

Perpusda Bantul Bimbing MAN 1 Bantul Menuju Akreditasi Perpustakaan 2020

Sejalan dengan hal tersebut, Heni Prilantari, M.Pd., Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, menekankan bahwa bimbingan dan simulasi penilaian ini nanti digunakan sebagai motivasi bagi tim supaya ke depan mampu mempersiapkan instrumen akreditasi dengan lebih baik lagi. “Kami mohon pada tim dari Perpusda Bantul untuk memberikan bimbingan tidak hanya sekali sehingga nanti bisa dilihat kenaikan nilai yang kami peroleh hingga pelaksanaan akreditasi bulan Oktober nanti,” jelas Heni.

Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan Daerah Bantul, Bambang Agus Subekti (BAS) menjelaskan bahwa untuk mendapatkan akreditasi yang baik perlu dipersiapkan sebaik mungkin dan diawali dengan penilaian diri sendiri. “Dengan penilaian diri sendiri dan dibantu tim kami, apabila hasilnya masih di bawah harapan maka bisa mengusahakan lebih lagi untuk mencapai nilai akreditasi yang diinginkan,” jelas BAS.

Tim Akreditasi Perpustakaan Darul Ilmi MAN 1 Bantul dibagi dalam 5 tim dengan pembagian per komponen. Karena ada 6 komponen, maka tim 5 menyiapkan komponen 5 dan komponen 6 sedangkann tim lain masing-masing menyiapkan satu komponen. Setiap tim melaporkan pada tim dari Perpusda Bantul terkait kesiapan masing-masing komponen kemudian Tim dari Perpusda memberikan penilaian dan bimbingan. “Hasilnya memang belum maksimal dan masih di bawah standar, tetapi dengan penilaian awal ini diharapkan tim akreditasi akan semakin semangat mengumpulkan bukti fisik dan menyiapkan tiap komponen supaya nilainya semakin baik dan sesuai harapan,” harap Ghofur. (mry)

Kontributor : MAN 1 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 186

Bagikan