Rapat Kerja Madrasah MTsN 10 Sleman Hasilkan Rencana Kerja Kekinian


Rapat Kerja Madrasah  MTsN 10  Sleman Hasilkan Rencana Kerja Kekinian Kasie Dikmad dan Pengawas Madrasah Sleman paparkan pembelajaran kekinian
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2020-07-30 07:20:25

Sleman (MTsN 10 Sleman) - Pandemi covid19 tak menyurutkan langkah  pengelolaan madrasah. Mengawali tahun pelajaran baru, MTsN 10 Sleman menyusun rencana kerja madrasah dalam rangkaian Launching Rumah Online dan Rapat Kerja Madrasah. Acara dilaksanakaan  di Aula RM Kapuas Jalan Kaliurang  Senin, 27 Juli 2021.  Dengan menerapkan protokol pandemi covid 19 , acara diikuti segenap guru dan pegawai MTsN 10 Sleman pukul  07.00 s.d. pukul 15.00 WIB.

Pada kesempatan itu, Kasi Dikmad H. Akhmad Fauzi, M.S.I. dan Pengawas Madrasah Drs. H. Qomarudin, M.Pd.I memaparkan materi tentang pendidikan kekinian. Fauzi dengan semangat menjelaskan tentang tuntutan pembelajaran di era daring dan luring. “Ke depan, pascapandemi, proses pembelajaran terkini dituntun menggunakan pendekatan  blended learning, “ujar Fauzi. Blended Learning dapat diartikan  belajar tatap muka di kelas dikombinasikan  dengan proses e-learning secara terpadu dan harmonis.

Rapat Kerja Madrasah  MTsN 10  Sleman Hasilkan Rencana Kerja Kekinian

Tentang perangkat guru dalam pembelajaran, Qomarudin memaparkan tentang variasi RPP di era pembelajaran jarak jauh. “Sementara tak ada format baku. RPP boleh divariasikan dengan RPP lama, RPP satu lembar, maupun RPP daring, “jelas Qomarudin. Selanjutnya Qomarudin memaparkan bahwa administrasi mengajar guru di era daring setidaknya memenuhi unsur jadwal pembelajaran, jurnal kegiatan harian guru, daftar hadir siswa, RPP, dan daftar nilai.

Pada sesi rapat kerja madrasah, waka kurikulum, kesiswaan, sarpras, humas, dan Kepala TU memaparkan rencana kerja setahun. Rencana kerja dan anggaran disesuaikan dengan situasi terkini yakni pembelajaran daring era covid. Rencana pembenahan fisik, pencitraan madrasah dapat direncanakn terus dilanjutkan sesuai rencana. Untuk bidang kurikulum dan kesiswaan diperlukan penyesuaian  terkait keberadaan siswa.

“Program pertama kesiswaan yang telah terlaksana adalah Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) online,“ jelas Sargiyono, SPd. Waka kesiswaan. Selanjutnya, pihak madrasah merencanakan menyusun pantauan ibadah harian dengan moda daring sebagai bentuk penguatan karakter. Urusan kurikulum  beradaptasi pula dengan situasi terkini “Pembagian jadwal dan persebaran jam kerja guru disesuaikan dengan karakteristik pembelajaran daring,” ujar Haryanto, SPd. waka kurikulum. Sehubungan dengan rancangan madrasah riset, kurikulum telah melakukan rekruitmen  peminatan khusus kelas riset.  (NSW)

Kontributor : MTSN10SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 413

Bagikan