Maksimalkan Pelayanan PJJ, MAN 3 Bantul Buat Studio Mini


Maksimalkan Pelayanan PJJ,  MAN 3 Bantul Buat  Studio Mini Pemanfaatan Studio Mini Mantaba
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-07-28 17:59:07

Bantul (MAN 3 Bantul)--Pembelajaran daring sebenarnya sudah lama dilakukan. Tetapi memang  belum semua menggunakan, karena memang pelaksanaannya memerlukan dukungan fasilitas khusus. Tetapi ketika terjadi ancaman pandemi yang menyebabkan orang harus mengurangi bertemu secara fisik, maka semua sekolah menjadi terkena imbasnya. Sekolah ataupun madrasah tidak bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka. Peserta didik tidak boleh datang ke sekolah. Namun program pembelajaran juga diharuskan berlangsung terus. Menyiasati kondisi ini, baik Kementerian Pendidikan Nasional maupun Kementerian Agama kemudian sepakat melakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

Dalam PJJ atau Pembelajaran daring guru dituntut  harus kreatif dalam mengajar. Salah satunya yaitu dengan pembuatan video. Meski video bukanlah satu-satunya pilihan media dalam PJJ,  tetapi merupakan salah satu bentuk media yang cukup penting. Dalam pembuatan video sebagian guru cukup mengalami kesulitan. Maka MAN 3 Bantul mengatasi kendala tersebut dengan pembuatan studio mini yang bertempat di Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul. Tujuan studio antara lain agar guru mempunyai tempat yang representatif untuk memproduksi video sebagai bahan ajar PJJ. Dikarenakan pembuatan video pembelajaran memerlukan suatu tempat yg khusus dan tidak terganggu banyak orang. Dengan demikian maka diharapkan guru dapat membuat media pembelajaran yg kreatif sehingga membuat siswa tetap bisa memahami materi pembelajaran walaupun tanpa tatap muka langsung.

Maksimalkan Pelayanan PJJ,  MAN 3 Bantul Buat  Studio Mini

Maksimalkan Pelayanan PJJ,  MAN 3 Bantul Buat  Studio Mini

Sebagai kru Studio Mini MAN 3 Bantul adalah Arief Rachman Anzarudin (Guru BK), Agus Sulistyo (Guru TIK), Rahmat Okta (Guru Matematika), dan Reza Oki Iswiranto (Guru Sejarah). Studio ini telah dimanfaatkan dengan baik. Terbukti beberapa guru menggunakan untuk makin memperjelas pembelajaran jarak jauh yang dilakukan. Harapan ke depan studio ini bisa dimanfaatkan secara maksimal hingga ke pemanfaatan ektrakurikuler, pembuatan konten edukasi digital, pembuatan vlog, broadcasting, modelling, studio foto, dan banyak lagi yang lain.

Wakil Kepala Urusan Sarana Prasarana MAN 3 Bantul Mulyantara menyampaikan, “Studio Mini ini bisa digunakan semua civitas akademika Mantaba secara optimal guna mendukung pembelajaran, pendidikan, dan pengembangan diri. Apalagi di masa pandemi ini pemanfaatannya makin dibutuhkan, agar pelayanan bagi peserta didik makin baik. Pelajaran yang diterima anak makin jelas”. (nrs)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 1017

Bagikan