MAN 4 Bantul Punya Cara Unik Tentukan dan Umumkan Penjurusan


MAN 4 Bantul Punya Cara Unik Tentukan dan Umumkan Penjurusan Guru BK umumkan penjurusan
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-07-25 11:09:54

Bantul (MAN 4 Bantul) – MAN 4 Bantul Yogyakarta (Manembayo) memiliki dua jurusan yaitu Mipa dan IPS. Ia juga memiliki cara unik dalam menetukan penjurusan siswa baru. Jika banyak madrasah yang tentukan penjurusan siswa baru diawal pendaftaran, berbeda dengan Manembayo yang memilih dengan cara berproses. Proses itu meliputi angket kemauan siswa, tes Psikologi dan mengacu pada nilai raport, dari ketiganya barukan akan ditentukan jurusan masing-masing siswa.

Pada Sabtu (18/07/2020) hasil proses penjurusan diumumkan pada siswa baru. Pengumuman dilakukan diakhir kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) dengan cara membagi kelas sekaligus. Terdapat empat kelas untuk siswa baru Manembayo yaitu 10 mipa 1, 10 mipa 2, 10 IPS 1, dan 10 IPS 2. Petugas yang mengumkan penjurusan adalah panitia PPDB sekaligus guru BK Manembayo.

Kepala Manembayo Singgih Sampurno sangat senang dengan kinerja para tim penjurusan. Ia menganggap proses penjurusan di Manembayo sudah sangat ideal. Ia juga menilai jika penjurusan dilakukan di awal pendaftaran terkadang belum banyak pertimbangan dari pendaftar sehingga dalam perjalanan ditemukan siswa yang goyah dan ingin pindah jurusan. (uun)            

Tetap sehat dan semangat lawan Covid-19

Kontributor : MAN4BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 210

Bagikan