Kabag TU Sampaikan Prestasi Kemenag DIY dalam Kunker Komisi VIII DPR RI


Kabag TU Sampaikan Prestasi Kemenag DIY dalam Kunker Komisi VIII DPR RI Kabag TU saat Sampaikan Paparan dalam Kunker DPR RI
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2020-07-20 21:34:36

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY) –  Dalam rangka Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI Reses Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2019-2020 ke DIY yang digelar selama dua hari 20-21 Juli, rombongan yang berjumlah 20 orang hadir di Hall Gedhong Pracimasana Kompleks Kepatihan DIY, Senin (20/7/2020).

Acara dibuka oleh Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji didampingi Wakil Ketua dari fraksi PDIP M.R. Ihsan Yunus, BA, B, Comm, ME, Con. Pada sesi selanjutnya, Kabag TU Muh. Wahib Jamil mewakili Kepala Kanwil Kementerian Agama DIY berkesempatan menyampaikan paparan terkait beberapa poin pertanyaan yang diajukan DPR beberapa hari sebelumnya.

Kabag TU Sampaikan Prestasi Kemenag DIY dalam Kunker Komisi VIII DPR RI

Mengawali paparannya, Wahib menjelaskan secara singkat peta satker Kanwil Kemenag DIY terdiri dari 5 Kabupaten/Kota, 21 Madrasah Ibtidaiyah Negeri, 35 Madrasah Tsanawiyah Negeri, 15 Madrasah Aliyah Negeri, dan 78 KUA yang tersebar di sejumlah kecamatan di wilayah DIY.

Lebih lanjut, ia menambahkan ada empat penghargaan yang berhasil diraih Kemenag DIY tahun ini. Pertama, MAN de MoTeFa (Madrasah Aliyah Negeri dengan Modified Teaching Factory) MAN 2 Kulon Progo. Masuk dalam jajaran top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kedua, SI KETAN ARGA (Sistem Ketahanan Keluarga) KUA Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Masuk dalam Inovasi Publik Terbaik di Kemenag Tahun 2020.

Ketiga, Peringkat II untuk Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran – Wilayah (UAPPA-W) Sekretariat Jenderal Hasil Penilaian Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tingkat UAPPA-W Tahun 2019 Kategori 4-6 Satuan Kerja oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kanwil Yogyakarta.

Keempat, Peringkat III untuk Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran – Wilayah (UAPPA-W) Bimas Kristen untuk Hasil Penilaian Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tingkat UAPPA-W Tahun 2019 Kategori 4-6 Satuan Kerja oleh DIrektorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kanwil Yogyakarta.

Untuk selanjutnya, ia memohon dukungan dan doa restu terkait penunjukkan Kankemenag Kota Yogyakarta oleh Kementerian Agama RI yang akan maju dalam Penilaian Pelayanan Publik Kemenpan RB pada Agustus mendatang. “Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada September mendatang,” tandasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyajikan realisasi penyerapan delapan program yang ada di Kanwil Kementerian Agama DIY. Yang meliputi program dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya Kementerian Agama (Setjen), program bimbingan masyarakat Islam, program pendidikan Islam, program bimbingan masyarakat Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan program penyelenggaraan haji dan umrah.

Masih dalam sesi paparan, ia memohon dukungan terkait beberapa program yang diagendakan. “Terutama rencana ke depan, terwujudnya asrama haji embarkasi DIY di Kabupaten Kulon Progo termasuk kekurangan honor penyuluh agama non-PNS tahun 2020,” pungkasnya mengakhiri paparan.

Selain Kabag TU, turut hadir Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Al Makin, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) dan Kepala Pelaksana BPBD DIY beserta jajarannya. (tnf)

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 366

Bagikan