Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Whiteboard Animation di MTsN 3 Sleman


Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis  Whiteboard Animation di MTsN 3 Sleman Pemateri Deti Prasetyaningrum, S.Pd saat menyampaikan materi
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-07-18 17:55:15

Sleman (MTsN 3 Sleman) – Pembelajaran Jarak Jauh secara daring menjadi satu-satunya pilihan yang dimiliki MTsN 3 Sleman sejak ditetapkannya wilayah MTsN 3 Sleman dalam zona merah oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Untuk membekali para guru mempersiapkan materi ajar yang menarik dan tidak membosankan maka MTsN 3 Sleman pada Sabtu (18/7/2020) mengadakan Workshop Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Salah satu materi dalam workshop tersebut adalah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Whiteboard yang disampaikan oleh Deti Prasetyaningrum, S.Pd.

Whiteboard animation meningkatkan ketertarikan anak terhadap materi, menambah referensi media pembelajaran bagi guru, dapat diunggah di Youtube dan dibagikan di media sosial dengan mudah serta memiliki menu “mobile” saat export video sehingga menghemat kuota anak,” papar pemateri di hadapan peserta.

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis  Whiteboard Animation di MTsN 3 Sleman

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah MTsN 3 Sleman Paijo, S.Ag memotivasi para guru untuk terus belajar. “Untuk memulai memang sulit namun jika Bapak Ibu sudah mencoba dan bisa maka Bapak Ibu akan merasakan manfaat luar biasa dari perjuangan Bapak Ibu serta menyadari loncatan langkah yang telah Bapak Ibu lewati. Selain itu, Bapak Ibu juga akan merasa lebih percaya diri di hadapan anak-anak karena menguasai IT dengan sangat baik” tutur Kamad dihadapan peserta.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Kepala Bidang Kurikulum MTsN 3 Sleman  Mulyono, S.Pd, M.A menyampaikan bahwa workshop ini bertujuan untuk memotivasi dan memfasilitasi guru MTsN 3 Sleman agar menjadi guru pembelajar dan meningkatkan kompetensi guru MTsN 3 Sleman untuk menjadi guru hebat agar siap mengantarkan MTsN 3 Sleman menjadi madrasah hebat, bermartabat dan madrasah dambaan umat.

Dalam workshop tersebut, para guru dikelompokkan sesuai mata pelajaran yang diampu kemudian berlatih membuat video pembelajaran menggunakan salah satu software whiteboard animation yang dipaparkan oleh narasumber. Tim IT MTsN 3 Sleman dengan sigap membantu para guru yang menghadapi beberapa kendala.Para peserta nampak antusias walupun harus bersabar dengan kendalan di jaringan wifi. “Saya tertarik dan penasaran dengan whiteboard animation ini padahal saya kurang menguasai pengoperasian komputer. Ternyata asik dan bisa lupa waktu” tutur Lasmi Wahyuni, S.Pd salah satu peserta workshop. (dee)

Kontributor : MTSN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 243

Bagikan