Mahasiswa dari Mesir dan IPB Hadir di Acara Matsama Virtual MAN 3 SLEMAN


Mahasiswa dari Mesir dan IPB Hadir di Acara Matsama Virtual MAN 3 SLEMAN
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-07-15 21:05:10

Sleman (MAN 3 Sleman) - Pra Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) MAN 3 Sleman dimulai pada Sabtu (11/7/2020). Kegiatan pra Matsama perlu dilakukan untuk mengecek kesiapan panitia dan  para siswa baru untuk menggunakan aplikasi zoom, youtube, dan grup WhatsApp.Dengan persiapan tersebut maka pembukaan Matsama pada Senin (13/7/2020 ) berjalan dengan lancar.

Kegiatan Matsama berlangsung mulai tanggal (13-18/7/2020). Sholat dhuha, tadarus ,dan presensi kehadiran wajib dilaksanakan di rumah masing-masing setiap pagi oleh para siswa baru  sebelum agenda utama dimulai. Dewa atau OSIS MAN 3 Sleman akan mengecek kehadiran siswa melalui google form. Selama kegiatan  Matsama, para siswa baru mengenakan pakaian seragam terdahulu, yaitu seragam SMP, MTs atau berpakain yang sopan.

Mahasiswa dari Mesir dan IPB Hadir di Acara Matsama Virtual MAN 3 SLEMAN

Mahasiswa dari Mesir dan IPB Hadir di Acara Matsama Virtual MAN 3 SLEMAN

Mahasiswa dari Mesir dan IPB Hadir di Acara Matsama Virtual MAN 3 SLEMAN

Mahasiswa dari Mesir dan IPB Hadir di Acara Matsama Virtual MAN 3 SLEMAN

Mahasiswa dari Mesir dan IPB Hadir di Acara Matsama Virtual MAN 3 SLEMAN

Mahasiswa dari Mesir dan IPB Hadir di Acara Matsama Virtual MAN 3 SLEMAN

Ketua panitia Penerimaan Siswa Baru, Supri Madyo Purwanto, S.Pd. melaporkan bahwa  ada 276 siswa baru yang diterima melalui Jalur Prestasi 1, Jalur Prestasi 2, Jalur Prestasi Terpadu (Berdasar Keputusan Kanwil Kemang DIY), dan Jalur Reguler.

Supri juga menyampaikan materi Matsama meliputi Wawasan Wiyata Mandala, Tata Tertib MAN 3 Sleman, Kurikulum, Keperpustakaan, Literasi Informasi, Mars MAN 3 Sleman Mayoga, Problematika Belajar, Pidato Kakanwil Kemenag DIY, Kebijakan Kankemenag DIY, Adiwiyata, 7 Karakter Mayoga, Ke OSISan/ Dewa Mayoga, dan Testimoni Alumni. Semua materi disampaikan melalui aplikasi zoom, youtube ,dan televisi ADTV dan ada yang melalui WhatsApp.Khusus Kebijakan Kankemenag DIY disiarkan serentak melalui channel ADTV.

Setelah dibuka oleh Kepala MAN 3 Sleman, Akhmad Mustaqim, S.Ag., M.A., Kepala Madrasah menerima amanah pendidikan yang diwakii oleh Neni Widyawati, MP.Si, orangtua siswa baru. Terima kasih kami ucapkan, kami, anak-anak kami sudah bisa menjadi bagian dari  MAN 3 Sleman.

"Kami bersyukur meskipun  di situasi pandemi covid-19 agenda madrasah berjalan lancar  berkat kerjasama  yang baik antara orangtua dan madrasah .Pendidikan  adalah masalah utama, maka kami memilih MAN 3 Sleman. Dan  saatnya kami  serahkan anak-anak kami ke MAN 3 Sleman Mayoga  dengan harapan bisa menimba ilmu umum dan ilmu agama yang kelak berguna bagi masa depan,“ harap Neni.

Kepala Madrasah menerima amanah pendidikan yang diserahkan oleh orangtua siswa dan mengharap agar para siswa belajar dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan ilmu dari MAN 3 Sleman . “ Kami menerima amanah pendidikan yang disampikan oleh perwakilan orangtua siswa baru dan insyaAllah kami akan berusaha membimbing dan mendidik putra-putri Bapak Ibu,sehingga pada saatnya nanti bisa lulus dengan membanggakan, Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin” Mustaqim berharap.

“Meskipun pandemi covid-19 membatasi pertemuan secara langsung, namun pelajaran akan dilaksanakan secara daring.Sambil menunggu kondisi dan keputusan dari pemerintah tentang perubahan zona untuk kesiapan pembelajaran luring. Berniatlah mencari ilmu dengan dilandasi ibadah sehingga ilmu yang didapat akan menjadi berkah sehingga mendapatkan kesuksesan dimasa depan," Mustaqim menambahkan.

Banyak acara menarik dengan nara sumber yang kompeten menyampaikan segala hal tentang MAN 3 Sleman. Wakil Kepala Madrasah Bagian Kurikulum, Bagian Humas, Bagian Sarana Prasarana,Bagian Tata tertib, Bagian OSIS atau DEWA , Pustakawan, dan nara sumber yang lain, semua memberikan gambaran yang jelas tentang MAN 3 Sleman Mayoga.

Pustakawan Rita Susanti, Amd, juara pustakawan tingkat nasional pada tahun 2017 yang adalah pustakawan MAN 3 Sleman, misalnya. Rita menyampaikan dengan lengkap dan menarik  segala hal tentang perpustakaan , dan memberi dorongan kepada para siswa agar rajin mengunjungi perpustakaan untuk membaca sebanyak-banyaknya buku yang ada di perpustakaan.

Rita menyebutkan jumlah buku baik yang online maupun offline bisa didapatkan di perpustakaan Mayoga. Sebagai pustakawan, Rita menilai bahwa siswa yang rajin dan tekun mengunjungi perpustakaan biasanya siswa yang serius dalam belajar. “Silakan anak-anak, kami akan senang kalian betah di perpustakaan, kalian bisa memilih buku secara langsung atau membuka PC yang sudah tersedia di perpustakaan dan  bisa berlayar  mencari ilmu di perpustakaan  Mayoga,” bujuk Rita.

Pada acara jejak Alumni menampilkan Lintang Alya Nuha, mahasiswa yang diterima di IPB  melalui jalur  SNMPTN dan  Achmad Fachri yang sedang kuliah di Al Azhar University, Kairo, Mesir. ”Sekolah di Mayoga merupakan paket komplit, bisa mendapatkan ilmu secara akademik, akhlak , dan keagamaan , ilmu dunia dan akhirat,“ kesan Lintang tentang Mayoga.

Achmad Fachri berpesan agar tidak menyia-nyiakan di masa muda . Untuk bisa kuliah di luar negeri, misalnya Mesir, Fachri sudah mempersiapkan sejak kelas X yaitu mempelajari segala hal yang bisa membuat diterima kuliah di luar negeri. “Sejak kelas X bahkan sejak SMP saya sudah persiapkan diri untk bisa ke Mesir. Dan  ikutlah kegiatan organisasi. Saya dulu ikut organisasi, DEWA. Dengan organisasi kita diajari untuk bisa bekerjasama dengan orang lain , mempunyai banyak kenalan, dan dilatih untuk mengatur waktu dengan tertib. Seperti MC kita mas Andika , mbak Fatmawati dan DEWA yang lain yang terlibat dalam kegiatan Matsama  adalah teman-teman yang aktif di organisasi. Waktu sangat sempit untuk bermain tapi bisa menjadi orang yang tertib dan banyak ilmu yang didapat.“Fachri memberi tips dan menyemangati. (fit)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 446

Bagikan