Ma'mur Amprani: Ayo Kita Pupuk Budaya Literasi dan Riset di MTsN 7 Bantul!


Ma'mur Amprani: Ayo Kita Pupuk Budaya Literasi dan Riset di MTsN 7 Bantul!
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-07-14 21:01:34

Bantul (MTsN 7 Bantul) -- Selasa (14/07) bertempat di aula MTs Negeri 7 Bantul, seluruh guru dan pegawai mengikuti Rapat Kerja MTs Negeri 7 Bantul. Drs. Ma’mur Amprani dalam rapat kerja ini menekankan pentingnya pemupukan budaya literasi dan riset bagi seluruh siswa di MTs Negeri 7 Bantul. Hal ini dilakukan sebagai bentuk implementasi MTs Negeri 7 Bantul yang telah mendeklarasi diri sebagai madrasah yang fokus pada literasi dan riset.

Beberapa hal yang ditekankan oleh kepala madrasah adalah pemberian waktu untuk kegiatan literasi maupun riset pada setiap mata pelajaran.

Ma'mur Amprani: Ayo Kita Pupuk Budaya Literasi dan Riset di MTsN 7 Bantul!

“Literasi tidak hanya terbatas pada membaca saja, tetapi juga mendengar, memperhatikan, mempraktikan, hingga mencipta”, ujar Ma’mur Amprani saat memberikan pembinaan. Selain pemberian literasi dan riset ketika mata pelajaran berlangsung, hal lain yang disampaikan oleh beliau adalah pemberian waktu untuk membaca, bermain musik, berolah raga, atau menonton video budaya. Sehingga anak tidak merasa jenuh dengan materi yang diberikan oleh guru, terutama di masa pendemi yang sedang berlangsung saat ini.

Ma'mur Amprani juga berharap adanya pemaksimalan mading di dalam kelas jika siswa sudah mulai aktif pembelajaran tatap muka. Ia mengatakan bahwa dengan hal tersebut keaktifan siswa dalam berkreasi di kelas semakin berkembang dengan baik.

"Pojok kreasi di dalam kelas juga perlu dimaksimalkan, sehingga hasil karya siswa, apapun bentuknya dapat dipajang dan dinikmati oleh seluruh siswa di kelas tersebut. Hal tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas", papar Ma'mur Amprani.

Upaya lain yang dapat dilakukan adalah dengan cara meminta siswa untuk belajar meresume buku yang telah ia baca. Resume tersebut nantinya akan dikumpulkan dan dijilid sebagai bukti literasi madrasah. 

Hal terakhir yang ditekankan kepala madrasah sebagai madrasah riset adalah menentukan satu materi yang digunakan untuk penelitian bagi guru. Tidak hanya siswa saja yang belajar tentang riset, tetapi juga guru sehingga seluruh anggota MTs Negeri 7 Bantul dapat berkembang dengan baik. (mrh)

Kontributor : MTSN7BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 162

Bagikan