Peduli Dampak Pandemi Covid-19, Alumni MAN 1 Yogya Tahun 2018 Prodi IPS Gelar Baksos di Bantul


Peduli Dampak Pandemi Covid-19, Alumni MAN 1 Yogya Tahun 2018 Prodi IPS Gelar Baksos di Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-07-14 16:49:45

Yogyakarta (MAN 1 YK) —Dampak pandemi virus corona (Covid-19) sangat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, terutama masyarakat ekonomi menengah ke bawah.  Banyak di atara mereka yang mengalami kekurangan penghasilan, kehilangan pekerjaan karena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau juga karena berkuranganya lapangan pekerjaan.

Kondisi tersebut menggugah kepedulian segenap anak bangsa untuk bergotong-royong dan saling tolong-menolong. Seperti alumni MAN 1 Yogyakarta Tahun 2018 Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (Prodi IPS) yang menggelar bakti sosial. Mereka membagikan sembilan bahan pokok (sembako) kepada para dhu’afa di Dusun Gunting, Desa Pandak, Kecamatan Bambanlipuro, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Ahad (12/7/2020) kemarin.

Dalam kegiatan yang bertema ‘Tebar Sembako Berkah’ ini, para relawan didampingi oleh Guru MAN 1 Yogyakarta Drs.Giyanto dan mantan wali kelas dan guru Drs.H.Tri Suwanto, saat mereka menjadi siswa di kelas X IPS 3 (Trisoc).

Sebelum pelaksanaan, pihak panitia telah menghimpun bantuan dan melakukan survei lokasi baksos. Kemudian dalam penyaluran bantuan ini, mereka dibantu oleh perangkat desa dan karang taruna desa setempat. Ada 110 paket sembako yang disalurkan.  Tiap paketnya berisi: beras 2,5 kilogram, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 kilogram, mie goreng 4 bungkus, susu 1 kaleng, ikan sarden 1 kaleng, teh celup 1 kotak, dan shopping bag 1 buah. 

“Kami melihat situasi akibat pandemi virus corona ini begitu besar dampaknya terhadap masyarakat, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan, penghasilan menurun drastis dan lain-lain, sehingga kami tergerak untuk membantu masyarakat sekitar untuk meringankan beban masyarakat,” terang Koordinator kegiatan Ahmad Faiz Fadri Amrullah, saat dihubungi, Selasa (14/7/2020) pagi.

Lanjutnya, tujuan utama kegiatan ini, untuk mendekatkan diri kepada Alllah Swt dengan cara menerapkan apa-apa yang diajarkan agama dan madrasah, serta menerapkan nilai-nilai sosial dengan  meringankan beban para masyarakat.

“Kami sangat terharu setelah melakukan pelaksanaan ini, Allah Swt. sangat berperan di dalam acara kami ini, kami juga senang bisa memberikan bantuan ini kepada masyarakat, kita bisa merasakan apa yang dirasakan masyarakat akibat pandemi ini,” kesan alumnus MAN 1 Yogyakarta, kelahiran Yogyakarta, 27 April 2000 itu.

Kegiatan ini disambut sukacita masyarakat setempat. “Kami atas nama pribadi dan atas nama wagra Dusun Gunting, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas ditunjuknya Dusun Gunting menjadi lokasi bakti sosial,” ujar Tumilan Kepala Dusun Gunting. (dzl)

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 109

Bagikan