Patuhi Protokol Kesehatan, Sosialisasi Matsama MTsN 9 Bantul Terbagi Jadi Lima Sesi


Patuhi Protokol Kesehatan, Sosialisasi Matsama MTsN 9 Bantul Terbagi Jadi Lima Sesi Pertemuan orang tua siswa baru MTsN 9 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-07-13 19:58:51

Bantul (MTsN 9 Bantul) -- Sabtu (11/07), MTsN 9 Bantul mengadakan pertemuan dengan orang tua dan siswa baru tahun pelajaran 2020/2021. Pertemuan yang digelar di Ruang Timur untuk orang tua dan musala untuk siswa tersebut bertujuan menyosialisasikan masa ta'aruf siswa madrasah (Matsama) MTsN 9 Bantul. Pertemuan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena Matsama digelar secara daring. Hal ini dikarenakan Banguntapan, tempat MTsN 9 Bantul berdiri masih tergolong zona merah covid-19.

Kepala Madrasah MTsN 9 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M. mengatakan bahwa pertemuan seperti ini penting diadakan karena menyangkut teknis pelaksanaan Matsama gaya baru. Menurut keterangan Atik, panggilan akrab Kepala Madrasah MTsN 9 Bantul, pelaksanaan Matsama daring akan memanfaatkan aplikasi Zoom Cloud Meeting, Google Form, Instagram, Facebook, dan YouTube.

Patuhi Protokol Kesehatan, Sosialisasi Matsama MTsN 9 Bantul Terbagi Jadi Lima Sesi

Patuhi Protokol Kesehatan, Sosialisasi Matsama MTsN 9 Bantul Terbagi Jadi Lima Sesi

"Karena besok ketika pembukaan kami menggunakan Zoom, maka hari ini sekaligus memberi arahan kepada orang tua siswa tentang cara penggunaannya," tutur Atik.

Dipandu oleh Amin Iskandar, S.Pd., selaku Tim IT MTsN 9 Bantul, orang tua siswa mencoba menggunakan aplikasi Zoom sebagai media yang akan digunakan untuk upacara pembukaan Matsama. Dengan adanya pengenalan aplikasi ini, Atik berharap ketika pelaksanaan Matsama dapat berjalan dengan lancar. 

Pertemuan yang biasanya digelar satu sesi, tahun ini mesti dibagi menjadi 5 sesi. Menurut Atik, hal tersebut demi memenuhi protokol kesehatan yang berlaku. MTsN 9 Bantul tahun ini membuka lima kelas sehingga pertemuan pun dibagi tiap kelas. Di samping itu, antara orang tua dan siswanya pun berbeda tempat pertemuan serta keduanya duduk dengan jarak satu meter per kursi.

Muh. Rosyid, S.T., selaku Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Panitia Matsama mengatakan, siswa dikumpulkan bersama wali kelas untuk perkenalan dengan wali dan madrasah secara singkat. Sementara itu, orang tua dikumpulkan bersama kepala madrasah dan stafnya guna diberikan gambaran tentang MTsN 9 Bantul, mulai dari logo, visi, misi, slogan, 9 program unggulan, dan proyeksi ke depan. Salah satunya, target prestasi di bidang riset.

Guna mencapai target tersebut, Atik pun menggandeng Edu Riset untuk membimbing siswa-siswinya. Pada kesempatan ini pula Atik mendatangkan Feri, selaku salah satu pembimbing riset di Edu Riset. Atik menjelaskan kepada orang tua siswa bahwa MTsN 9 Bantul telah siap mendampingi siswa-siswinya berprestasi di bidang riset.

"Kami siap berprestasi di riset, bahkan kami menggandeng tim riset dari luar. Harapannya, orang tua siswa baru pun mendukung penuh program tersebut," pungkas Atik. (and) 

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 206

Bagikan