Matsama MAN 3 Sleman Mengedepankan Pendidikan Karakter


Matsama MAN 3 Sleman Mengedepankan Pendidikan Karakter
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-07-18 10:24:45

Sleman (MAN 3 Sleman) - Kepala MAN 3 Sleman, Nur Wahyudin Al Azis, S.Pd. mengalungkan  tanda  pengenal peserta Masa Taaruf Madrasah (Matsama) sebagai tanda dimulainya kegiatan Matsama setelah memberikan sambutan ucapan selamat datang dan membuka kegiatan Matsama kepada para peserta didik baru MAN 3 Sleman Tahun Ajaran 2019/2020 pada hari Senin (15/7). Azis memberitahukan bahwa  untuk betul-betul bisa bergabung menjadi siswa MAN 3 Sleman peserta didik baru harus mengikuti kegiatan Matsama dengan predikat lulus Matsama. 

“Ikutilah semua kegiatan Matsama dan ikutilah yang dikatakan kakak tutor, kakak acara (kakak yang memandu acara), dan kakak tatib (kakak yang memandu tata tertib). Pada kegiatan Matsama tidak akan ada tindakan kekerasan, perundungan maupun intimidasi dari guru, pegawai ataupun dari kakak kelas. Semua kegiatan dibuat nyaman, menyenangkan, bersemangat, dan  mengedepankan pendidikan karakter,” pesan beliau. Untuk membentuk karakter yang ditargetkan madrasah kegiatan Matsama dilaksanakan tidak hanya 3 hari tetapi 6 hari , Senin- Sabtu (15-20/7). 

MAN 3 Sleman yang dikenal dengan sebutan Masyarakat Yogya Bangga (Mayoga) memang merupakan madrasah yang berani inovasi. Tidak hanya inovasi dalam bidang kurikulum maupun dalam organisasi siswa  (OSIS) namun juga dalam bidang kegiatan Matsama.Kegiatan Matsama tidak hanya dilaksanakan selama 3 hari namun 6 hari. Menurut konsultan Mayoga Zainal Fanani, 60 % kegiatan Matsama mengedepankan pendidikan karakter. ”Matsama dengan pola 6 hari  pada tahun ajaran ini merupakan yang ke dua kalinya.” ungkapnya. 

Materi Matsama meliputi Wawasan Wiyata Mandala, Kurikulum, Kesiswaan, Keorganisasian/Dewa/OSIS, Cara Belajar/Problematika Belajar, Peminatan dan Pengembangan diri, Islam Rahmatan Lil Alamin, Karakter/Kepribadian MAN 3 Sleman, Wawasan Kebangsaan dan Literasi serta Adiwiyata. Pembentukan karakter /kepribadian ditekankan pada materi pembentukan 7 karakter inti Mayoga yaitu jujur, disiplin, kerja keras, kompetitif, santun, peduli, dan religius. Pembentukan kultur madrasah dengan penanaman karakter ‘Unggul’, unggul akademik, unggul spiritual, dan unggul leadership.

Motivator sekaligus konsultan Mayoga yang juga guru pengampu PPMB, RUA Zaenal Fanani, dan Retas Aqobah, CEO muda PT Shirvano Consulting serta Tri Suaka, penyanyi asal Yogyakarta yang mempunyai suara milik Noah yang sedang viral diundang untuk memberikan motivasi kepada para peserta Matsama.

Retas Aqobah dan Zaenal Fanani memberitahukan bahwa  materi Matsama dikemas bukan 3 hari tetapi 6 hari setelah melalui berbagai kajian. “Tim yang terdiri dari konsultan pendidikan, para stakeholder dan  para alumni MAN Cendekia Serpong yang kuliah di Yogyakarta merumuskan bahwa  kegiatan Matsama disusun dengan memperhatikan tradisi yang ada di Mayoga, nilai-nilai yang sudah diterapkan di Mayoga, kondisi Mayoga, tantangan dan peluang di masa depan, dan meniru best practices yang dilakukan di MAN Cendikia, Serpong. (fit/tnf)

 

 

 

 

 

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 730

Bagikan