Bagikan Rapor Siswa, MIN 2 Kulon Progo Gunakan Sistem Shift


Bagikan Rapor Siswa, MIN 2 Kulon Progo Gunakan Sistem Shift Guru sedang membagikan rapor satu per satu
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-06-25 20:42:39

Kulon Progo (MIN2KP) – Pembagian Rapor siswa MIN 2 Kulon Progo dilaksanakan dalam satu hari dengan model shift. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kerumunan di lingkungan madrasah. Pembagian rapor dilaksanakan Rabu (24/06/2020) di ruang kelas madrasah setempat. Adapun teknik pembagian shift diserahkan kepada guru kelas masing-masing. Acara dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yakni memakai masker, pengadaan tempat cuci tangan di depan ruang kelas, serta pembagian shift. Pengambilan rapor dilakukan oleh orang tua/wali siswa dengan undangan dan pengaturan shift yang diumumkan melalui WA grup kelas.

Dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan dua hari sebelumya, Senin (22/06/2020), Kepala Madrasah, Etik Fadhilah Ihsanti, S.Pd.I., M.Pd menyampaikan bahwa pembagian rapor yang dilaksanakan secara serentak ini dimaksudkan agar tidak ada kesenjangan antar kelas. “Agar semua dapat menerima rapor pada hari yang sama, meskipun tidak dalam waktu yang bersamaaan,” ungkapnya. “Untuk teknis pembagian shift saya serahkan kepada masing-masing guru kelas, karena jumlah murid tiap kelas tidak sama. Guru kelas lebih tahu dan paham,” imbuh Etik.

Bagikan Rapor Siswa, MIN 2 Kulon Progo Gunakan Sistem Shift

Bagikan Rapor Siswa, MIN 2 Kulon Progo Gunakan Sistem Shift

Bagikan Rapor Siswa, MIN 2 Kulon Progo Gunakan Sistem Shift

Sudarman, S.Pd.I guru kelas V membagi kelasnya menjadi dua shift karena jumlah siswanya ada 24 anak. Shift pertama terdiri dari 12 orang tua/wali murid  dengan dibatasi waktu mulai pukul 09.00 – 09.30 WIB, sedangkan shift kedua pada pukul 09.30 – 10.00. Sudarman mengungkapkan rasa syukurnya karena rapor bisa dibagikan tepat waktu dalam satu hari. “Alhamdulillah semua dapat berjalan lancar, tepat waktu dan selesai hari ini,” tuturnya.

Senada dengan Sudarman, Siti Mustaqimah, S.Pd.I, guru kelas 2 dan Nur Hakim Rahmatullah, S.Pd.I guru kelas 3 membagi kelasnya menjadi dua shift dengan pengaturan jumlah orang tua/wali siswa tiap shift adalah 15, karena jumlah siswa di kelasnya ada 30 anak. Dengan jumlah siswa yang lebih banyak dari kelas-kelas yang lain, tentu saja pengaturan waktu pembagian juga agak berbeda yakni dibatasi mulai pukul 09.00–10.00 WIB untuk shift pertama, dan pukul 10.00 -11.00 WIB untuk shift kedua.

Baik Siti Mustaqimah maupun Nur Hakim merasa lega karena semua rapor dapat dibagikan sesuai jadwal, meskipun waktu yang dibutuhkan lebih lama. Menurut Mustaqimah, pembagian dengan sistem shift justru memberikan kesempatan kepadanya untuk saling sharing bersama orangtua/wali siswa. “Dengan pembagian waktu seperti ini, saya dapat lebih fokus untuk berkomunikasi dengan beberapa orangtua/wali siswa tertentu. Terutama tentang beberapa masalah maupun hambatan yang berhubungan dengan siswa yang saya hadapi selama pembelajaran kelas,“ ungkapnya.

Berbeda dengan 3 kelas di atas, Sri Handani Widyaningrum, S.Ag, guru kelas 4 membagikan rapor mulai pukul 07.00-08.00 WIB. Sementara itu, Siti Fatini, S.Pd.I. dan Purnaida, S.Ag. yang merupakan guru kelas 1A dan 1B membagikan rapor pada pukul 09.00–10.00 WIB. Hal ini disebabkan karena jumlah siswa pada masing-masing kelas tidak terlalu banyak.

Meskipun secara teori ada pembagian jadwal shift pengambilan rapor, akan tetapi secara praktik tidak menutup kemungkinan bagi orangtua yang mengambil rapor di luar jadwal pengambilan. Tentu dengan alasan tertentu yang dapat diterima, misalnya orangtua yang bekerja sebagai guru SD/MI yang pada hari ini juga harus membagikan rapor siswa di sekolahnya. Namun demikian, secara umum pembagian rapor di MIN 2 Kulon Progo dapat terlaksana dengan lancar dan baik.

Kepala madrasah mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang sudah bekerja secara maksimal. “Saya ucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada bapak/ibu guru semua karena telah menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, sehingga semua dapat berjalan tanpa adanya kendala yang berarti. Hari ini secara resmi kita menyelesaikan dan mengakhiri tahun pelajaran 2019/2020, dan memasuki tahun pelajaran baru. Marilah kita songsong tahun pelajaran 2020/2021 dengan persiapan yang lebih matang, kita perbaiki kekurangan-kekurangan kita sebelumya,“ pungkas Etik. (fit/abi)

Kontributor : MIN2KP
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 240

Bagikan