Nikah Masa Pandemi, Kabid Urais: Tanpa Protokol Kesehatan, Penghulu Wajib Tolak Beri Layanan


Nikah Masa Pandemi, Kabid Urais: Tanpa Protokol Kesehatan, Penghulu Wajib Tolak Beri Layanan
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2020-06-25 16:11:26

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY)—Layanan nikah di Era New normal harus berpedoman pada Surat Edaran Dirjen Bimas Islam Nomor P.006./DJ. III/Hk.007/06/2020 tentang Pelayanan nikah menuju masyarakat Produktif Aman Covid. Dalam edaran tersebut menyebut bahwa selama pandemi, pelaksanaan akad nikah tetap dapat diselenggarakan di KUA atau di luar KUA.

“KUA wajib mengatur hal-hal yang berhubungan dengan petugas, pihak calon pengantin (catin), waktu dan tempat agar pelaksanaan akad nikah dan protokol kesehatan dapat berjalan dengan sebaik-baiknya,” tandas Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY H. Nadhif, MSI saat Sosialisasi Layanan Nikah Masa Covid dan Konser Si Ketan Arga (Konsultasi dan sharing sistem Ketahanan Keluarga) secara virtual, Selasa (23/06/2020).

Nikah Masa Pandemi, Kabid Urais: Tanpa Protokol Kesehatan, Penghulu Wajib Tolak Beri Layanan

Di samping itu, tambah Nadhif, penghulu wajib menolak pelayanan jika dalam protokol kesehatan tidak terpenuhi. Kabid Nadhif juga mengingatkan KUA untuk senantiasa memberi edukasi pencegahan Covid seperti dalam menyambut Idul Qurban.

Narasumber pada sesi dua disampaikan oleh Ketua Umum Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) DIY Prof Dr dr H Soewadi MPH SPKj yang mengingatkan KUA sebagai konselor agar memperhatikan keberhasilan konselor perkembangan tidak hanya bersifat tradisional. “Mengefektifkan konseling secara kontinyu tidak tergesa-gesa untuk dijustifikasi bercerai,” pesannya.

Ditambahkan Kasi Kepenghuluan dan Fasilitasi Bina Keluarga Sakinah, Dr. H. Nur Ahmad Ghojali, yang mendampingi jalannya diskusi sampai akhir, acara sosialisasi ini merupakan kelanjutan pada sesi terdahulu untuk ketua BP4 Kabupaten/Kota, Kasi Bimas Islam dan seluruh Kepala KUA. (gho/bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 539

Bagikan