Sumpah Jabatan Melalui Teleconference, Tujuh CPNS MAN 1 Bantul Siap Ikhlas Mengabdi


Sumpah Jabatan Melalui Teleconference, Tujuh CPNS MAN 1 Bantul Siap Ikhlas Mengabdi Pelaksanaan Sumpah PNS di Ruang Media MAN 1 Bantul dihadiri CPNS MAN 1 Bantul, Kepala MAN 1 Bantul, Kepala TU MAN 1 Bantul, dan beberapa tamu undangan dari guru dan pegawai.
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-06-24 15:23:49

Bantul (MAN 1 Bantul) – Setiap Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setelah diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) wajib mengangkat sumpah/janji Pegawai Negeri Sipil menurut agama kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan peraturan pemerintah. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini, karena pademi Covid-19, pelaksanaan sumpah/janji PNS di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta dilaksanakan melalui media elektronik/teleconference. Tujuh CPNS yang ditempatkan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bantul pun wajib mengikuti sumpah sesai dengan petunjuk pelaksanaan dan protokol yang ditetukan. Sumpah/janji PNS tersebut dilaksanakan pada Rabu (17/06/2020) di Ruang Media MAN 1 Bantul.

Menurut Kepala MAN 1 Bantul, Abdul Ghofur, S.Ag., M.Pd., pelaksanaan sumpah PNS di MAN 1 Bantul dilakukan sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) yang disusun oleh Kanwil Kemenag DIY untuk menanggulangi pandemi Covid-19. “Sebelum pelaksanaan sumpah, ada rapat koordinasi untuk pelaksanaan teknis sumpah jabatan yang diadakan oleh Kanwil Kemenag DIY. Untuk menyikapi bencana Covid-19, Sumpah Jabatan dilakukan dengan media Zoom Cloud Meeting. Tujuh CPNS MAN 1 Bantul dengan didampingi Kepala Madrasah dan Kepala TU juga harus menjaga jarak, menggunakan APD, dan mematuhi protokol kesehatan,” jelas Ghofur.

Untuk menyukseskan acara tersebut, selain pendampingan dari Kepala Madrasah dan Kepala TU, untuk pengelolaan aplikasi, kamera, dan mokrofon juga dibantu oleh petugas IT. “Kami juga dibantu oleh petugas IT kami, yaitu Muhammad Zaidan, S.Pd., dan Bintoro, S.Kom., untuk operasional tiga kamera yang digunakan selama proses sumpah berlangsung,” jelas Siti Istikhomatun, S.Pd., Kepala TU MAN 1 Bantul.

Tujuh CPNS yang mengikuti sumpah jabatan antara lain, Alfrida Restu Suhesti, S.Sej., Azmiati Lathifah, S.S., Bintang Rizandani Wibawa, S.Pd.i., Ema Priliawati, S.Si., Kartika Nur Oktaviani, S.Si., Luki Fidiantoro, S.Pd., dan Siti Maryam, S.Pd. telah melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar CPNS dan program induksi selama kurang lebih satu tahun. Selama acara sumpah berlangsung, CPNS MAN 1 Bantul didampingi Kepala MAN 1 Bantul dan Kepala TU MAN 1 Bantul khidmad mengikuti acara melalui Zoom Meeting yang ditampilkan pada layar proyektor. Pada saat pengucapan sumpah jabatan PNS yang dipandu Kakanwil Kemenag DIY, Drs. H. Edi Gunawan, M.Pd.I, CPNS MAN 1 Bantul mampu mengikuti sumpah dengan baik dan lancar.

Setelah pengambilan sumpah berlangsung, melalui Zoom, Edi Gunawan berpesan kepada PNS Baru Kanwil Kemenag DIY, “Setelah diambil sumpah PNS ini, PNS Kementerian Agama harus ikhlas mengabdi dan mengamalkan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama RI, yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan. (mry)

Kontributor : MAN 1 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 220

Bagikan