Bekerjasama dengan Pakar Astronomi, Guru MAN 2 Bantul Rintis Observatorium Mandiri


Bekerjasama dengan Pakar Astronomi, Guru MAN 2 Bantul Rintis Observatorium Mandiri Rintisan observatorium mandiri
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-06-23 04:25:18

Bantul (MAN 2 Bantul) – Teknologi pada era modern ini dapat dikatakan sudah menjadi sebuah kebutuhan utama bagi aktivitas semua orang. Dalam derap langkah kehidupan, penggunaan teknologi sudah menjadi kebiasaan hampir seluruh manusia di bumi ini. Apalgi di bidang pendidikan, untuk menciptakan generasi maju, pembelajaran yang berbasis teknologi dan peralatan canggih harus ditanamkan di semua sekolah atau madrasah. Oleh karena itu para guru juga harus bersemangat dan kreatif dalam penggunaan teknologi.

Demikian yang dilakukan oleh guru Fisika MAN 2 Bantul Tujilah, S.Pd. yang berinisiatif merintis observatorium mandiri di rumahnya sebagai penunjang  keilmuan yang ditekuninya yaitu astronomi sebagai bagian dari Fisika. Untuk mewujudkannya, pada Ahad (21/6/2020) ia mengundang pakar astronomi dari Yayasan Assalam Surakarta AR Sugeng Riyadi yang sudah terkenal di dunia ilmu perbintangan nasional. Tujilah meminta AR panggilan akrab Sugeng Riyadi untuk menyusun teleskop kreatif sebagai alat utama observatorium.

Bekerjasama dengan Pakar Astronomi, Guru MAN 2 Bantul Rintis Observatorium Mandiri

Teleskop yang dirancang oleh AR sudah diaplikasikan dengan kamera handphone untuk bisa mengamati dan merekam benda-benda langit seperti bulan dan planet-planet serta matahari. Teleskop diuji dengan pengamatan gerhana matahari cincin yang saat itu terjadi, walaupun tidak bisa diamati penuh peristiwa itu, namun teleskop kreatif tersebut mampu mengabadikan dan merekam matahari dengan gambar yang bagus. Menurut Tujilah, ke depan ia berencana untuk menggunakan teleskop ini dalam kegiatan pembelajaran Fisika yang ia tekuni di MAN 2 Bantul. (edp)

 

Tetap sehat dan semangat#Lawan Covid19

 

Info PPDB MAN 2 Bantul  http://www.man2bantul.sch.id/web_saba/info-ppdb/info-ppdb.html

Kontributor : MAN 2 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 199

Bagikan