Tunjukkan Madrasah Keterampilan, Para Guru MAN 2 Bantul Isi ARD Mandiri


Tunjukkan Madrasah Keterampilan, Para Guru MAN 2 Bantul Isi ARD Mandiri Para guru kerjakan ARD mandiri
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-06-23 04:24:09

Bantul (MAN 2 Bantul) – ARD (Aplikasi Raport Digital) merupakan sistem digital yang digunakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk menunjukkan hasil evaluasi akademik siswa madrasah setiap akhir semester dan akhir tahun. Sistem ini memerlukan pemahaman yang cukup mendalam bagi para pemakaianya dalam hal ini adalah para guru madrasah. Sebagian besar madrasah memberikan fasilitas mudah bagi para guru dengan cara para guru mengisi format nilai perantara, sedangkan entry nilai ke ARD dilakukan oleh tim kurikulum madrasah itu.

Namun beda dengan MAN 2 Bantul yang menyandang status sebagai madrasan aliyah negeri plus keterampilan ternyata tidak hanya mentargetkan siswa saja yang terampil IT (Informasi Teknologi) , tapi seluruh guru juga harus mempunyai keahlian aplikasi. Pada Senin (15/6/2020) atau seminggu sebelum pelaksanaan rapat kenaikan kelas semua guru mata pelajaran mulai disibukkan oleh pekerjaan menggunakan ARD dalam pemasukan nilai raport akhir semester genap atau akhir tahun ajaran. Semua guru termasuk guru senior mau tidak mau harus mandiri melakukan entry nilai langsung.

Memang diperbolehkan para guru saling sharing dalam teknik mengaplikasikan, namun pada akhirnya masing-masing harus bekerja sendiri dalam entry nilai. Dalam memahamkan guru, tim IT jauh hari sebelumnya sudah mengadakan pelatihan mandiri tentang penguasaan ARD ini sehingga secara umum, para guru sudah mempunyai kemampuan cukup untuk aplikasi. Penggagas sekaligus instruktur pelatihan yang juga guru multimedia MAN 2 Bantul Joko Supriyanto, SST, MT mengaku senang dengan sistem mandiri yang bisa diterapkan di madrasah dari hasil pelatihan mandiri yang ia pimpin. Cara ini untuk menunjukkan ciri khas MAN 2 Bantul sebagai madrasah plus keterampilan. (edp)

 

Tetap sehat dan semangat#Lawan Covid19

 

Info PPDB MAN 2 Bantul  http://www.man2bantul.sch.id/web_saba/info-ppdb/info-ppdb.html

 

 

Kontributor : MAN 2 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 257

Bagikan