MTsN 1 Sleman Gelar Workshop Penyusunan RPP


MTsN 1 Sleman Gelar Workshop Penyusunan RPP  Charisatuniswah menyampaikan materi dalam Workshop Penyusunan RPP
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-06-22 20:18:33

Sleman (MTsN 1 Sleman) – Menyambut tahun ajaran baru 2020/2021 yang memasuki masa new normal, MTsN 1 Sleman menggelar Workshop Penyusunan RPP yang diikuti oleh seluruh bapak ibu guru, bertempat di ruang kelas VII E dan VII F, Senin (22/6/2020). Narasumber kegiatan adalah Dra. Charisatuniswah, M.Pd, pengawas Kementerian Agama Kabupaten Sleman dan Ahmad Fauzi, S.Ag, M.Si, Kasi Pendidikan Madrasah (Dikmad) Kementerian Agama Kabupaten Sleman.

Kepala MTsN 1 Sleman, Hadlirin, S.Ag mengucapkan terima kasih kepada kedua narasumber yang telah berkenan hadir dan memberikan pencerahan untuk kemajuan madrasah. Menurut Hadlirin kegiatan ini merupakan bagian dari ikhtiar sebagai seorang guru dan sebagai sarana untuk memberikan pengabdian yang terbaik untuk peserta didik dan madrasah. "Saya juga berharap apa yang disampaikan oleh narasumber nanti bisa segera kita tindaklanjuti,” harap Hadlirin.

MTsN 1 Sleman Gelar Workshop Penyusunan RPP

MTsN 1 Sleman Gelar Workshop Penyusunan RPP

Sementara itu, Kasi Dikmad Kemenag Sleman, Ahmad Fauzi mengatakan bahwa RPP merupakan skenarionya pembelajaran. Apa dan bagaimana pembelajaran yang akan dilakukan semua tergantung dalam pengolahan/ pembuatan RPP.  Fauzi juga menjelaskan tentang muatan yang ada dalam KTSP, meliputi muatan nasional dan muatan lokal. Muatan nasional  yaitu tentang moderasi beragama (berfikir moderat dengan menghargai pendapat dengan dasar yang dibenarkan) sedangkan muatan lokal antara lain tahfidz dan Sunur.

“Dengan kegiatan tahfidz diharapkan siswa dapat hafal minimal juz 30 dan dapat membaca dan menulis Alquran. Salah satu kegiatan dalam melatih siswa agar dapat membaca dan menulis Alquran adalah dengan adanya Alquran Follow the Line,” tandas Fauzi.

Di akhir sambutannya, Fauzi mengingatkan, bahwasannya KTSP menjadi dokumen hidup bagi madrasah karena akan dibaca, dipelajari dan lain-lain. Oleh karena itu penetapannya melalui uji publik karena merupakan transparasi dari madrasah.

Narasumber pembuatan KTSP, Dra.Charisatuniswah, M.Pd menjelaskan tentang pengertian RPP yaitu rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih, yang dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran dan penilaian peserta didik dalam mencapai pasangan Kompetensi Dasar (KD).

Menurut Charisatuniswah, ketentuan RPP antara lain setiap guru wajib menyusun RPP untuk mata pelajaran yang diampunya. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau berkelompok MGMP, dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala madrasah/pengawas.

“Kesimpulannya, guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP. Tiga komponen inti RPP terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian. Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran, “ tambah Charisatuniswah. (rmi)

 

Kontributor : MTSN1SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 270

Bagikan