MAN 3 Sleman Adakan Sosialisasi Penerapan Sistem Kredit Semester


MAN 3 Sleman Adakan Sosialisasi Penerapan Sistem Kredit Semester
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-06-21 15:34:10

Sleman ( MAN 3 Sleman ) - Sistem Kredit Semester ( SKS ) kita kenal pada saat kuliah. Para mahasiswa akan mengisi sejumlah mata kuliah yang bisa dan akan ditempuh untuk perkuliahan yang akan datang. Tiap mahasiswa akan memiliki perbedaan jumlah mata kuliah yang akan ditempuh sehingga tentu saja akan berbeda pula masa studi yang akan ditempuh oleh mahasiswa satu dengan mahasiswa lainnya. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 158 tahun 2014 setiap sekolah pada pendidikan dasar dan menengah boleh menerapkan sistem SKS. Pada tahun ajaran 2020/2021 MAN 3 Sleman akan terapkan sistem SKS.

Tetap berpegang teguh pada protokol covid-19  yaitu tidak boleh berkumpul dengan banyak orang dan  tetap menjaga jarak maka Sosialisasi SKS kepada para guru MAN 3 Sleman dengan personil yang berbeda  namun dengan  materi yang sama dilaksanakan di ruang AVA selama 3 hari yaitu Jumat, Sabtu , dan Senin.( 19-21//6/2020 ).

MAN 3 Sleman Adakan Sosialisasi Penerapan Sistem Kredit Semester

SKS merupakan bentuk jasa layanan pendidikan yang disiapkan untuk memfasilitasi satuan pendidikan dalam merintis atau melanjutkan pengelolaan kurikulum dengan menerapkan SKS sebagai perwujudan konsep belajar tuntas sehingga memungkinkan peserta didik dapat belajar sesuai dengan kecepatan belajarnya.


“Pada tahun ajaran 2020/2021 ini madrasah kita akan menerapkan 2 peraturan akademik sistem paket dan sistem SKS. Kelas XI dan XII tetap akan menggunakan sistem paket, sedangkan kelas X menggunakan sistem yang baru yaitu sistem SKS.Berdasarkan KMA 184 ada 4 tipe madrasah yaitu madrasah reguler, akademik, keterampilan , dan keagamaan. Tipe madrasah kita yaitu tipe akademik dimana setiap siswa nantinya  akan melanjutkan sekolah yang lebih tinggi atau kuliah sehingga tidak masalah apabila kita menerapkan sistem paket ataupun SKS”, kepala madrasah, Akhmad Mustaqim ,S.Ag., M.A mengawali sambutan.

“ Beban belajar ditentukan dengan jumlah SKS dan siswa akan dituntut untuk menyelesaikan Unit Kegiatan Belajar Mandiri ( UKBM) untuk setiap mata pelajaran. UKBM berisi beberapa materi yang harus diselesaikan siswa dalam satu semester.Bagi siswa yang bisa menyelesaikan UKBM dengan baik dan mempunyai kecepatan belajar atau Indeks Presatasi (IP) yang bagus,maka siswa tersebut bisa mengambil mata pelajaran pada jenjang di atasnya , dan jika IPnya kurang bagus , akan ada program semester pendek  atau mengulang tahun depan.Tentu saja tidak ada kenaikan kelas pada sistem SKS ini, namun lulus dan tidak lulus, waktu tempuh bisa 4 semester dan maksimal 8 semester, wakil kepala madrasah bagian kurikulum Thoha, S.Pd., MSI menjelaskan.

Dalam rapat sosialisasi tersebut guru juga diminta untuk ikut mencermati draf Pedoman dan Peraturan Akademik serta Rencana Program Kurikulum MAN 3 Sleman yang berkaitan dengan Madrasah Akademik dengan Sistem SKS dan Sistem Paket sebagai persiapan  awal untuk uji publik KTSP. ( fit )

  

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 1621

Bagikan