Bersiap Sambut Tahun Ajaran Baru, MTsN 1 Gunungkidul Gelar Workshop Penyusunan dan Pengembangan KTSP


Bersiap Sambut Tahun Ajaran Baru, MTsN 1 Gunungkidul Gelar Workshop Penyusunan dan Pengembangan KTSP MTsN 1 Gunungkiudl selenggarakan Workshop KTSP
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-06-20 16:26:56

Gunungkidul (MTS N 1 GK) - MTsN 1 Gunungkidul menggelar Workshop Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sabtu (20/06). Acara ini berlangsung di ruang pertemuan MTsN 1 GK. Hal ini merupakan langkah awal untuk menyiapkan tahun ajaran baru dengan optimal. Penyusunan dan pengembangan KTSP bertujuan untuk memandirikan dan memberdayakan tingkat satuan pendidikan tersebut melalui otonomi (pemberian kewenangan) kepada Madrasah agar bisa menyesuaikan kurikulum dengan sumber daya yang ada di Madrasah dengan tetap mematuhi perundang-undangan yang berlaku.

Acara ini dihadiri oleh seluruh Bapak/Ibu GTK dan PTK. Dalam kesempatan ini hadir pula Sugiyo, S.Ag., M.Pd.I selaku dewan pengawas MTsN 1 Gunungkidul. Beliau memberikan pengarahan terkait penyelenggarakan pendidikan di Madrasah, "Dalam menyelenggarakan pendidikan di Madrasah, setidaknya harus ada dua dokumen penting. Yakni RAPBM dan KTSP. KTSP ini didahului dengan penyusunan Evaluasi Diri Madrasah (EDM), baru kemudian penyusunan KTSP. Alhamdulillah, MTs N 1 Gunungkidul sudah mengadakan Workshop EDM terlebih dahulu dan sudah matang."

Jalannya Workshop penyusunan dan pengembangan KTSP ini dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah, Ngadiyan, S.Pd. I, .MSI. selaku Kepala Madrasah. Ia menuturkan tentang pentingnya karakteristik suatu Madrasah. "MTsN 1 Gunungkidul harus memiliki ciri khas. Ada nilai menarik yang menjadikan masyarakat memilih Madrasah kita sebagai tempat menuntut ilmu." 

Sebelum dipergunakan sebagai dasar untuk mengajar, KTSP yang telah disusun nanti akan diuji terlebih dahulu dan melibatkan pihak lain sebagai penguji. "Kurikulum yang kita susun nanti akan melewati proses uji oleh Dikmad sebelum tahun ajaran baru dimulai. Dengan demikian, kami berharap proses belajar-mengajar akan lebih baik lagi," tutup Ngadiyan di akhir pertemuan. (rra)
 

Tetap sehat dan semangat #lawanCovid-19

Kontributor : MTSN1GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 383

Bagikan