Siapkan Media KBM Online, MGMP Al-Quran Hadits MA se-DIY Gelar Rapat Virtual


Siapkan Media KBM Online, MGMP Al-Quran Hadits MA se-DIY Gelar Rapat Virtual
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-06-20 15:54:56

Yogyakarta (MGMP-QH) – Pandemi Virus Covid-19 telah membuat pola hidup manusia menjadi berubah, termasuk dalam dunia pendidikan dan pengajaran.  Mendukung pencegahan sebaran virus ini, maka setiap warga masyarakat harus menerapkan pola hidup sehat dan physical distancing. Sementara itu, tahun pelajaran baru 2020/2021 semakin mendekat, sedangkan angka penyebaran belum menurun, bahkan diprediksikan kondisi pademi virus ini berlangsung hingga akhir Desember 2020.

Untuk itulah media pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, seperti Al Quran hadits  harus segera disiapkan sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab, yang merupakan regulasi terbaru yang dikeluarkan untuk mengganti dari peraturan sejenis sebelumnya yaitu KMA Nomor 165 Tahun 2013. dan KMA nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada madrasah.

Hal tersebut diungkapkan dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran(MGMP) Al-Quran Hadits Madrasah Aliyah   Se-DIY melalui Zoom Meetings yang digelar, Jumat(19/6/2020) sore, mulai pukul 16.00 hingga pukul 15.30 WIB. Dengan media tersebut, Jarak yang jauh tidak menjadi penghalang kekhidmatan musyarawah yang diikuti guru-guru Al-Quran Hadits se-DIY tersebut.

Dalam forum tersebut, Ketua MGMP AL-Quran Hadits Munji Jakfar, M.Pd.I. mengajak seluruh guru Al-Quran Hadits untuk mempersiapkan diri membuat media pembelajaran yakni video. Pasalnya, langkah ini sangat mendesak, mengingat kondisi dan perkembangan pandemi virus corona yang belum mereda, khususnya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Setiap guru wajib membuat satu video terbaik untuk mengajar,”pintanya.

Lanjutnya, untuk memudahkan dalam pembuatan video pembelajaran tersebut, setiap guru mendapatkan tugas untuk melakukan pemetaan satu Kompetensi Dasar(KD), kemudian membuat konsep dan rancangan yang matang, sebelum membuat video pembelajaran, dengan menggunakan aplikasi Camtasia, Filmora Video Editor atau aplikasi lain yang serupa. (dzl)

 

 

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 490

Bagikan