Melihat dari Dekat Layanan Nikah KUA di Masa Pandemi


Melihat dari Dekat Layanan Nikah KUA di Masa Pandemi
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2020-06-20 13:42:56

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY)—Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama RI terus mengawal jalannya fungsi dan pelayanan KUA di masa pandemi saat ini. Terlebih dengan lahirnya Surat Edaran Dirjen Bimas Islam Nomor P. 006 Tahun 2020 yang mengatur tentang Pelayanan Nikah Menuju Masyarakat Produktif Aman Covid.

Hal ini pernah diungkap oleh Sesditjen Bimas Islam H. Tarmizi Tohor dalam webinar Penguatan Fungsi KUA dalam Melayani Masyarakat, Rabu (17/06/2020).

Melihat dari Dekat Layanan Nikah KUA di Masa Pandemi

Melihat dari Dekat Layanan Nikah KUA di Masa Pandemi

Lalu seperti apa layanan KUA sebenarnya di masa pandemi ini? Kepala KUA Kecamatan Sewon, Asrori, SH menyampaikan bahwa KUA yang dipimpinnya tetap melaksanakan layanan pernikahan sesuai aturan di masa pandemi Covid-19.

“Kami tetap melayani permohonan nikah, tapi tentunya sesuai protokol kesehatan, juga sesuai arahan dari atasan, Kanwil Kemenag DIY dan mengacu pada SE Dirjen Bimas Islam Nomor P. 006 Tahun 2020,” kata Asori di sela tugasnya, Jumat (19/06/2020).

Protokol kesehatan saat nikah, ungkap Asrori, hanya diperbolehkan maksimal sepuluh orang peserta prosesi akad nikah. “Selain itu juga wajib pakai masker dan sarung tangan, jaga jarak serta cuci tangan sebelum masuk ruangan,” rincinya.

“Kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Sewon, Bantul, mari bersama-sama untuk menjaga keamanan kesehatan diri saat pandemi,” imbuh Asrori.

Sementara salah satu pasangan nikah yang ditemui yakni Nurul Hidayah-Muhammad Mukafi Ni’am memberikan apresiasi atas pelayanan nikah di KUA Kecamatan Sewon. “Pelayanan sudah bagus di KUA Sewon dan sesuai dengan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19,” ujar Nurul, warga Ngoto RT 01 Bangunharjo Sewon, Bantul ini.

Sedang sang suami, Kafi, berharap adanya petunjuk arah menuju tempat KUA Kecamatan Sewon yang sementara ini menempati kediaman Dukuh Geneng Panggungharjo karena sedang direnovasi.

Sekretaris FKPAI KUA Kecamatan Sewon, Rustam Nawawi Pelaco, M.Pd menambahkan, di KUA Sewon, penyuluh sering dilibatkan untuk membantu kegiatan kantor. “Kami juga diminta memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai layanan informasi nikah baik secara langsung maupun lewat media,” ujar Rustam. (rst/bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 1364

Bagikan