Penyuluhan Masa Pandemi, Pokjaluh Bantul Gelar Pelatihan Pembuatan Video Dakwah


Penyuluhan Masa Pandemi, Pokjaluh Bantul Gelar Pelatihan Pembuatan Video Dakwah
Kategori : KABUPATEN/KOTA
Tanggal : 2020-06-19 09:47:57

Bantul (Humas Kemenag DIY)—Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, Kamis (18/6/2020), mengadakan pelatihan pembuatan video dakwah di masa pandemi covid 19. Video dakwah ini merupakan sarana bimbingan dan penyuluhan kepada kelompok binaan. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Aula Kantor kemenag Bantul.

“Latar belakang kegiatan pelatihan ini didasari kondisi metode peyuluhan kita yang semakin berkembang dan untuk mengatasi pandemi covid 19 yang belum bisa dilakukan penyuluhan tatap muka dengan jamaah,” ungkap Sekretaris Pokjaluh Bantul H. Nur Abadi,S.Ag.,M.S.I.

Penyuluhan Masa Pandemi, Pokjaluh Bantul Gelar Pelatihan Pembuatan Video Dakwah

Selain itu, menurutnya pelatihan dapat membantu penyuluh untuk lebih mengenal berbagai cara membuat video dari yang sederhana yang bisa dilakukan bagi pemula. “Pelatihan  ini sebagai peran dari penyuluh ikut andil mendukung program Kemenag Bantul yang akan maju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),” tambahnya lagi.

Pelatihan menguatan SMD bagi penyuluh ini, ungkapnya, sebagai upaya menjawab situasi saat ini sebab bimbingan dan penyuluhan belum bisa dilaksanakan dengan tatap muka. “Sehingga dengan pembuatan video dakwah ini sebagai alternatif komunikasi penyuluh dengan kelompok binaannya yang diikuti oleh Penyuluh Agama Islam Fungsional yang berjumlah 50 orang,” jelas Nur Abadi.

Sementara Ketua Pokjaluh Hj. Sri Sumiyatun,S.Ag, pelatihan ini dapat menjadi bekal membuat video sendiri yang nantinya juga hasilnya kembali kepada yang bersangkutan. Sedang Kasi Bimas Islam Kemenag Bantul Dr. H. Halili,S.Ag.,M.Si memberi pengarahan perlu disyukuri sebagai ASN karena banyak orang saat ini kehilangan pekerjaan dan juga penghasilan. “Perlu internalisasi sudut pandang kita masa pandemi ini dengan meng up-grade pola pembinaan kepada masyarakat sehingga pembinaan dan penyuluhan dapat disiasati dengan media online dan media sosial lainnya,” tandasnya.

Sementara Materi Pertama disampaikan Muklisin Purnomo,M.Pd.I dengan memberikan tutorial pembuatan pamflet berupa video dengan aplikasi sehingga hasil dapat diunggah di media sosial dan grup kelompok binaan. Sedangkang pemateri kedua, Fauzan Luthfiyanto, S.Pd.I memberi tutorial cara membuat rekaman streaming di blog maupun di youtobe. Peserta setelah mendapatkan teori langsung praktik sehingga yang belum bisa langsung dibimbing dari pemateri.

“Hasil akhir dari pelatihan ini hampir 80 persen peserta bisa membuat dan sudah diunggah di media Group Penyuluh Agama Islam kabupaten Bantul,” pungkas Nur Abadi. (ed: bap)

 

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 752

Bagikan