Uji Publik KTSP MAN 1 Sleman Perlu Siapkan Kurikulum Darurat di Masa Pandemi


Uji Publik KTSP MAN 1 Sleman Perlu Siapkan Kurikulum Darurat di Masa Pandemi
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-06-18 19:30:01

Sleman (MAN 1 Sleman) — MAN 1 Sleman menggelar uji publik Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).  Kegiatan yang diikuti oleh seluruh sivitas akademika MAN 1 Sleman berlangsung di Rumah Makan Genduk Wulan Godean. Rabu (17/6/2020),

Uji publik menghadirkan para nara sumber yang kompeten, seperti H. Muntolib, S.Ag., Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY, Drs. Cokrowihasto, M. Hum. Widyaiswara Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) DIY, Dra. Anita Isdarmini, M. Hum Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama DIY, Drs. Rudi Astomo, M.Pd., Pengawas Madrasah Kemenag Sleman dan Drs. H. Abdullah Hadziq, Ketua Komite Madrasah dan perwakilan orang tua siswa.

Uji Publik KTSP MAN 1 Sleman Perlu Siapkan Kurikulum Darurat di Masa Pandemi

Uji Publik KTSP MAN 1 Sleman Perlu Siapkan Kurikulum Darurat di Masa Pandemi

H. Muntolib, S.Ag., mengatakan bahwa walaupun masih masa pandemi vovid-19 pembelajaran harus tetap berjalan, Kesejahteraan guru harus terpenuhi.” Bagaimana KTSP ini disusun bisa menghasilkan guru-guru yang kreatif membuat pembelajaran daring. Pada saat pandemi guru harus bisa memilih mana materi yang esensial dan mana materi yang tidak, oleh karena itu diperlukan kurikulum darurat,” tandas kabid.

Sedangkan Dra. Anita Isdarmini, M. Hum. sebagai nara sumber mengingatkan bahwa perlunya disusun kurikulum khusus atau kurikulum darurat. “Madrasah harus menyiapkan kurikulum khusus darurat corona, “ ungkap Anita. Ia juga mengingatkan bahwa hak anak untuk belajar jangan sampai hilang karena pandemi covid-19. Oleh karena guru agar lebih kreatif menyusun materi sehingga tidak memberatkan belajar anak.  

Drs. H. Soir, M.S.I., kepala Madrasah dalam sambutannya menegaskan pentingnya pendidikan karakter. “MAN 1 Sleman sebagai Madrasah plus Keterampilan, akan bertekad mewujudkan para lulusan madrasah yang tidak hanya  pandai dan terampil tetapi juga anak-anak yang berakhlakul karimah,” ujar Soir.

Kegiatan dimulai pukul 07.00, dengan acara pembukaan, pembacaan kalam illahi, menyanyikan lagu Indonesia raya dan Hymne Madrasah, sambutan kepala madrasah dan dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY, H.Muntolib,S.Ag. Semua peserta yang hadir mengikuti protokol kesehatan lengkap, seperti harus cuci tangan sebelum masuk ruangan, menjaga jarak, memakai masker dan dilengkpi pelindung wajah. (smn)

Tetap Sehat dan Semangat

#LawanCovid-19

Kontributor : MAN1SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 1399

Bagikan