Peneliti Amerika Ungkap Rahasia Keluarga Tangguh


Peneliti Amerika Ungkap Rahasia Keluarga Tangguh
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2019-07-17 10:10:45

Yogyakarta (Inmas DIY)—Peneliti dan ahli keluarga dari Universitas Nebraska-Lincoln, Amerika Serikat, Prof. John DeFrain, menyebut bahwa ada 6 (enam) rahasia keluarga tangguh. Yaitu saling mengapresiasi spiritual, memiliki komitmen kuat, komunikasi positif, terbuka dan jujur, dan menikmati waktu bersama keluarga, istri dan anak-anak. 

“Dua rahasia lainnya adalah sehat spiritual dan kemampuan mengelola konflik dan stres,” kata Prof. John DeFrain didampingi Kepala Center for Publik Mental Health (CPMH) Dr. Diana Setiyawati d Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY, Senin (15/7). Kegiatan ini merupakan rangkaian program Visiting Profesor yang dilakukan Prof. DeFrain.

Kasi Kepenghuluan Kemenag DIY Dr. H.Nur Ahmad Ghojali dalam rilisnya yang diterima Humas, Rabu (17/7), menyebut Prof. DeFrain telah luar biasa meneliti tentang keluarga selama 30 tahun di 30 negara dengan 30.000 responden. Bahkan menurutnya, Prof. DeFrain telah menulis buku Secret of Strong Families (Rahasia Keluarga Tangguh). 

“Dalam diskusi juga menanyakan peran religiusitas dalam ketahanan keluarga, menurutnya penting, dia menceritakan pengalaman di Yogya mendengar suara adzan yang menggugah seorang muslim untuk melaksanakan kewajibannya,” ujar Nur Ahmad Ghojali.

Ketika ditanya pendapatnya tentang LGBT, Prof DeFrain menyatakan hal itu merupakan masalah yang amat pelik sampai dengan saat ini di negaranya.

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 726

Bagikan