Tampil Beda, MTsN 9 Bantul Siap Mewisuda Siswa Secara Virtual


Tampil Beda, MTsN 9 Bantul Siap Mewisuda Siswa Secara Virtual Prosesi pengalungan samir dari Kepala Madrasah MTsN 9 Bantul ke siswa berprestasi
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-06-18 06:27:37

Bantul (MTsN 9 Bantul) – Upacara wisuda merupakan salah satu proses yang biasa dilakukan oleh sekolah untuk merayakan kelulusan siswanya. Akan tetapi, dengan merebaknya wabah virus corona membuat proses wisuda siswa tidak bisa dijalankan seperti biasanya. Menindaklanjuti hal ini, MTs Negeri 9 Bantul mempunyai alternatif kreatif, yaitu wisuda virtual. 

Kepala Madrasah MTsN 9 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M. mengatakan, wisuda virtual tersebut diikuti 119 siswa kelas IX. Wisuda digelar dengan cara mengompilasikan video dan foto yang dikirim oleh siswa dari rumah. Meski dilakukan dari kediaman masing-masing, para siswa tetap menggunakan seragam putih biru dan samir khas proses wisuda pada umumnya.

"Setiap siswa mengirimkan foto dan video berdurasi pendek kepada wali kelas masing-masing. Kemudian, video tersebut dikompilasikan menjadi rangkaian acara wisuda yang utuh oleh Tim Wisuda Virtual MTsN 9 Bantul," jelas Atik, sapaan akrab Kepala Madrasah MTsN 9 Bantul.

Para guru, karyawan, dan pengurus komite pun ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka melakukan proses pengambilan foto dan video dengan pose terbaiknya di lingkungan madrasah pada Sabtu (06/06) dan Senin (08/06) kemarin.

Atik menambahkan, khusus untuk siswa berprestasi, proses pengambilan gambar dan video dilaksanakan di madrasah. Siswa berprestasi ini terdiri dari tiga kategori, yaitu prestasi akademik, prestasi UAMBN, dan prestasi tahfiz. Masing-masing kategori diambil 3 siswa terbaik. Prestasi akademik diraih oleh Aulia Azzahra, Adek Naimatul Dita Nabila, dan Naila Fidelya Ardhani. Prestasi UAMBN diraih oleh Fadhilah Faza Syam Tanda, Aulia Azzahra, dan Naila Fidelya Ardhani. Kemudian, prestasi tahfiz diraih oleh Tustanto, Fadhilah Faza Syam Tanda, dan Milatin Asruroh. Proses pengalungan samir kepada mereka diberikan langsung oleh Atik. Sementara itu, untuk siswa terbaik di setiap kelas pengalungan samir diberikan oleh wali kelas.

Kegiatan ini diapresiasi oleh H. Aidi Johansyah, S.Ag, M.M., selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Beliau mengucapkan selamat dan sukses kepada MTsN 9 Bantul yang telah mewisuda 119 siswa luar biasa pada tahun pelajaran 2019-2020 ini.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi karena meskipun dalam masa pandemi Covid-19, MTsN 9 Bantul tetap bisa mengadakan wisuda dalam bentuk virtual. Untuk wisudawan dan wisudawati, semoga ilmu yang kalian dapatkan selama ini bisa berguna di masa depan,” jelasnya.

Ucapan selamat juga datang dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I. Beliau berpesan kepada wisudawan dan wisudawati untuk tetap semangat meraih kesuksesan.

“Semoga ke depannya MTsN 9 Bantul menjadi madrasah unggul dengan 9 program unggulannya dan tetap berprestasi menjadi madrasah hebat bermartabat,” pesannya dalam video yang telah dikirimkan.

Atik mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kankemenag Bantul dan Kepala Kanwil DIY atas ucapan selamat dan doanya. Atik pun memohon doa dan dukungan penuh kepada keduanya. (sh/and) 

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 397

Bagikan