Kasi Dikmad Kemenag Kabupaten Bantul Ajak MTsN 2 Bantul Berinovasi


Kasi Dikmad Kemenag Kabupaten Bantul Ajak MTsN 2 Bantul Berinovasi Kasi Dikmad Kemenag kab Bantul menanggapi dokumen KTSP MTsN 2 Bantul. (Dok: Eni)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-06-14 02:14:00

Bantul (MTsN 2 Bantul)—Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan salah satu model kurikulum yang memberikan kebebasan pada sekolah atau madrasah untuk mengkreasikan berbagai hal dalam pembelajaran, sesuai dengan kaidah atau peraturan yang berlaku. Dokumen KTSP dapat diibaratkan seperti seperangkat panduan program atau rambu-rambu yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan program pembelajaran baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. 

Penyusunan dokumen KTSP tentu tidak boleh sembarangan. Ada beberapa rangkaian proses yang harus dilakukan madrasah sebelum menyajikan dokumen KTSP. Seperti tahap Evaluasi Diri Madrasah (EDM), rapat tim pengembang madrasah, perumusan program madrasah untuk satu tahun ke depan, penghitungan RAB, dan perumusan dokumen KTSP madrasah.

Kasi Dikmad Kemenag Kabupaten Bantul, Jauhar Mukhlis Salistyanto, yang hadir pada kegiatan Uji Publik KTSP MTsN 2 Bantul, Rabu (10/6) lalu, menyampaikan bahwa inovasi itu penting untuk dilakukan. Banyak madrasah memilih brand yang sama, yaitu madrasah Tahfidz, namun bagaimana madrasah mengemas program unggulan Tahfidz madrasahnya menjadi lebih unggul dan menarik bagi calon peserta didik perlu diupayakan secara maksimal. Salah satunya adalah dengan berinovasi. 

Jauhar Mukhlis Salistyanto mengapresiasi dokumen KTSP MTsN 2 Bantul untuk mewujudkan impian sebagai Madrasah Tahfidz. Ia mengimbau kepada madrasah agar tidak hanya sekedar menerapkan apa yang sudah ada, tetapi juga mengembangkan dan menginovasikan program menjadi lebih baik lagi. (yis)

Kontributor : MTSN2BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 476

Bagikan