Ayo Ikuti, Kompetisi Film Pendek Bidang Penais Zawa Kemenag DIY


Ayo Ikuti, Kompetisi Film Pendek Bidang Penais Zawa Kemenag DIY Kabid Penais Zawa Kemenag DIY H. Muklas, M.Si
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2020-06-10 11:33:36

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY)—Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY melalui Bidang Penerangan Agama Islam Zakat Wakaf menggelar Kompetisi Film Pendek Muslim Tingkat DIY 2020. Dengan tema Jejak Wali di Nusantara.

“Tujuan pelaksanaan kompetisi ini adalah untuk menggali, mengembangkan dan melestarikan Seni Budaya Islam di Nusantara dan memberikan kesempatan menggali potensi dalam berkreativitas dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada pada anak bangsa,” tandas Kabid Penais Zawa H. Muklas, M.Si didampingi Kasi Seni Budaya Islam dan Musabaqah Alquran serta al-Hadis, H. Ujang Shihabuddin, M.Si di Yogyakarta, Rabu (10/6/2020).

Selain itu, tambah Muklas, ajang ini sengaja digelar untuk meningkatkan rasa cinta dan bangga khususnya generasi milenial akan Seni Budaya Islam.

Sementara Ujang Shihabuddin menjelaskan ketentuan Kompetisi Film Pendek sebagai berikut:

  1. Kompetisi terbuka untuk umum baik perseorangan atau kelompok
  2. Peserta berusia 12 sd 35 tahun dan berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Film berisi Promosi, Imbauan, Seruan atau Informasi sesuai dengan tema yang telah ditentukan;
  4. Film berisikan Seni Budaya Islam yang dikemas Menarik, Komunikatif dan Inspiratif;
  5. Tidak mengandung pesan negatif atau menyimpang dari norma dan tidak bersifat radikal;
  6. Durasi film15 (lima belas) menit;
  7. Menggunakan Alat yang memadai dalam proses pembuatan;
  8. Film yang diikutsertakan dalam kompetisi boleh diunggah di Media Sosial dengan hashtag #ShortMoslemMovieCompetitionBimasIslam;
  9. Film belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi apapun (original);
  10. Menggunakan Subtitle Bahasa Indonesia (jika film menggunakan Bahasa Daerah);
  11. Penggunaan Materi Musik atau Film yang memiliki Hak Cipta Karya Orang lain harus melampirkan Surat Izin, pelanggaran terhadap ketentuan ini menjadi tanggung jawab peserta;
  12. Film yang dikompetisikan menjadi Hak Milik Kanwil Kementerian Agama D.I. Yogyakarta
  13. Aspek penilaian berdasarkan: a. Keaslian (originalitas Film dan bukan merupakan plagiat); b. Kesesuaian isi dengan tema “Jejak Wali di Nusantara”; c. Kekuatan Pesan; d. Kreatifitas; e. Teknik Visualisasi, dan f. Keputusan Dewan Juri bersifat final dan mengikat serta tidak dapat diganggu gugat.

"Untuk hadiah dan kejuaraan Juara I akan mewakili D.I.Yogyakarta pada ajang Short Moslem Movie Competition Tingkat Nasional pada bulan Oktober 2020 di Jakarta dan Juara I, II dan III akan mendapatkan Uang Pembinaan, Tropy dan Piagam," tandas Ujang Shihabuddin. Pendaftaran dimulai dari bulan Juni sd Juli 2020, melalui Seksi SBI Penais Zawa Kanwil Kemenag DIY via email : penaiszawadiy@gmail.com informasi lebih lanjut hubungi Fauzan (WA 087839992759). (bap)

 

 

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 994

Bagikan