PPDB Jalur Prestasi MTsN 9 Bantul Gelombang I Usai, 145 Peserta Didik Hebat Terjaring


PPDB Jalur Prestasi MTsN 9 Bantul Gelombang I Usai, 145 Peserta Didik Hebat Terjaring
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-05-21 14:36:39

Bantul (MTsN 9 Bantul) -- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Prestasi MTs Negeri 9 Bantul gelombang I resmi ditutup, Rabu (20/05) pukul 13.00 WIB. Rapat pleno untuk memutuskan calon peserta didik yang diterima pun digelar setelahnya oleh seluruh panitia. Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua Panitia, Agus Aris Subagyo, S.Pd.

Agus menyampaikan bahwa PPDB dari 27 April hingga 20 Mei 2020 tersebut mampu menjaring lebih dari 200 calon. Akan tetapi, Agus menambahkan, hanya 145 peserta didik yang diterima.

"Tingginya antusiasme calon peserta didik di luar ekspektasi kami, tapi seleksi harus dijalankan," ungkapnya.

Agus mengatakan bahwa keputusan ini merupakan hasil rapat pleno bersama seluruh panitia PPDB. Satu hal yang ditekankan Agus adalah pijakan PPDB gelombang I adalah prestasi calon peserta didik. Prestasi utama yang menjadi bidikan panitia adalah tahfiz dan disusul dengan prestasi lain, seperti akademik, olahraga, seni, dan literasi.

Kepala Madrasah MTsN 9 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M. menjelaskan bahwa nantinya kelima prestasi tersebut akan menjadi kelas-kelas prestasi di madrasahnya. Atik, panggilan akrabnya mengaku telah menyiapkan lima kelas untuk menampung 160 peserta didik baru.

"Tahun ini kami membuka 5 kelas, sedikit berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya 4 kelas," tutur Atik, "kelima kelas itu sama dengan prestasi yang kami bidik, yaitu Kelas Tahfiz, Kelas Akademik, Kelas Seni, Kelas Olahraga, dan Kelas Literasi," imbuhnya. 

PPBD jalur prestasi gelombang I di MTsN 9 Bantul melibatkan tiga penguji utama, yaitu Dra. Hj. Ida Zusnani, Asfari, S.Ag., dan Muh. Rosyid, S.T.. Ketiganya tidak hanya bertugas untuk menyeleksi calon peserta didik. Akan tetapi, sekaligus menggali prestasi yang mereka miliki. Ida mengaku senang dan bangga ketika mendapati calon peserta didik yang banyak prestasi.

"Calon peserta didik kami luar biasa prestasinya. Semoga bisa menjadi bibit unggul untuk kemajuan MTsN 9 Bantul," paparnya.

Melihat keberhasilan PPDB gelombang I ini, Atik memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh panitia. Menurutnya, seluruh panitia telah bekerja ekstra dan pantang menyerah meski di tengah pandemi virus corona. Atik pun menegaskan bahwa keberhasilan hari ini tidak lain adalah efek dari keberhasilan acara sebelumnya, yaitu Hari Amal Bakti Ke-11 MTsN 9 Bantul. Di dalam helatan tersebut, MTsN 9 Bantul mengadakan berbagai lomba dan pentas seni untuk siswa SD di Daerah Istimewa Yogyakarta. 

"Alhamdulillah... Keberhasilan ini menandakan bahwa Masemba atau MTsM 9 Bantul telah dikenal masyarakat luas," katanya. 

Atik pun berjanji tidak akan mengecewakan peserta didik baru yang bergabung bersama MTsN 9 Bantul. Atik yakin, seluruh guru akan mengoptimalkan kemampuan peserta didik di bidangnya. 

"Guru-guru kami siap mewujudkan impian peserta didik baru dan menjadikan MTsN 9 Bantul sebagai madrasah yang unggul," pungkasnya. (nhr/and)

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 585

Bagikan