Pandemi Covid-19, MTsN 5 Gunungkidul Tetap Semarakkan Ramadhan Secara Virtual


Pandemi Covid-19, MTsN 5 Gunungkidul Tetap Semarakkan Ramadhan Secara Virtual Video kultum siswa MTsN 5 Gunungkidul yang diunggah ke channel youtube
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-05-21 11:37:49

Gunungkidul (MTsN 5 Gunungkidul) -- Pandemi Covid-19 telah mengubah suasana Ramadhan tahun ini. Kegiatan semarak ramadhan yang biasa dilakukan di madrasah-madrasah pun juga berbeda, termasuk di MTsN 5 Gunungkidul (Matsalim GK). Matsalim GK melaksanakan sejumlah kegiatan semarak Ramadhan yang dikemas secara virtual. Kegiatannya mencakup launching media dakwah, kultum virtual, giat tadarus Al-Qur'an dan pentasarufan zakat.

Sejak awal Ramadhan, Matsalim GK melaunching media dakwah berupa poster elektronik yang bertajuk "Spirit Ramadhan Matsalim GK". E-poster keagamaan ini tayang setiap hari dengan tema yang berbeda dan tentunya menarik. Diupload diberbagai media sosial resmi madrasah, seperti instagram, twitter, facebook dan website. Selain itu, siswa juga diberikan tanggungjawab untuk membuat dan mempublikasikan poster elektronik bernuansa Ramadhan sebagai program peningkatan kreativitas siswa. 

Selanjutnya, Matsalim GK juga menyelenggarakan program kultum virtual yang bertajuk "Kultum Ramadhan Kids Zaman Now". Program ini merupakan kegiatan digitalisasi Kultum dengan media video yang dibuat oleh para siswa lalu di share di WhatsApp Group dan channel youtube, dan diikuti dengan sesi diskusi antar siswa dan guru. Setiap hari terdapat mininal 1 siswa dari setiap kelas VII dan VIII yang melakukan kultum, sehingga setidaknya ada 8 penceramah. 

Kegiatan lainnya adalah giat tadarus Al-Qur'an bagi seluruh warga madrasah. Siswa melakukan tadarus rutin setiap pagi mulai pukul 07.00-08.00 WIB. Sedangkan guru dan karyawan melakukan tadarus setiap hari dengan sistem khatam mingguan. Selain itu, di pertengahan Ramadhan, tepatnya Jum'at (08/05/2020), Matsalim GK telah sukses mentasarufkan zakat maal kepada segenap siswa dan masyarakat. 

Menumbuhkan semangat ditengah pandemi Covid-19, menjadi tantangan baru dan sebuah pemicu untuk bangkit dan bersatu melawan wabah ini. Kondisi boleh berbeda namun semangat beribadah kepada Allah SWT harus tetap menggebu dan terus terjaga. "Sikon Pandemi Global Covid-19 tidak mengurungkan niat Matsalim GK untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan keagamaan dan pesantren ramadhan. Dengan harapan kegiatan ini dapat menginspirasi siswa, guru dan karyawan semua agar tetap semangat dalam menjalankan ibadah dari rumah", ungkap kepala Matsalim GK, Dedy Mustadjab. (irk/nes)

Kontributor : MTSN5GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 339

Bagikan