MTs Negeri 1 Bantul Selenggarakan Ujian Online


MTs Negeri 1 Bantul Selenggarakan Ujian Online
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-05-14 14:11:43

Bantul (MTsN 1)--Di tengah merebaknya pandemi covid-19, MTsN 1 Bantul menyelenggarakan Ujian Madrasah (UMAD) bagi siswa kelas IX. Meski dengan segala keterbatasan, para guru dan karyawan yang tergabung dalam kepanitiaan bersinergi untuk kelancaran kegiatan ini. Ujian dilaksanakan selama 9 hari  (4-13/5/2020) secara online yang diikuti 164 peserta.

Hidayat sebagai Kepala MTSN 1 Bantul memaparkan bahwa ujian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi siswa setelah mengikuti pembelajaran selama 6 semester. Selain itu juga untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran sebagai tolak ukur kualitas satuan pendidikan.

Setiap harinya para siswa mengerjakan dua soal mata pelajaran yang dikemas dalam aplikasi googleform. Siswa mulai mengerjakan pukul 07.00  hingga 16.00. Pemantauan pelaksanaan ujian melalui grup whatsapp setiap kelas yang didampingi wali kelas dan satu guru penanggungjawab. Sebagai pengganti daftar hadir, siswa wajib shareloc sebelum mengerjakan ujian dan sesudahnya. Shareloc diatur selama 8 jam sehingga lokasi pengerjaan soal, kejujuran, dan protokoler kesehatan terpantau.

 “Alhamdulillah ujian berjalan lancar meskipun ada  kendala. Diantaranya kedisiplinan siswa dalam mengerjakan kurang karena rentang waktu yang terlalu panjang. Ada beberapa siswa yang sampai pukul 14.00 belum mengerjakan soal. Dalam hal ini, Ibu Sri Murwanti sebagai guru BK kelas IX selalu siap siaga home visit manakala siswa tidak bisa dihubungi lewat handphone, “ jelas Siti Juwariyah yang menjabat sebagai Waka Kurikulum.

“Berbagai kendala tersebut tentunya menjadi bahan evaluasi agar pelaksanaan ujian online menjadi lebih baik,” pungkasnya.  

Para siswa yang belum bisa mengerjakan soal pada jadwal yang telah ditentukan harus mengikuti ujian susulan yang dilaksanakan Kamis (14/5/2020) pukul 07.00 – 12.00 WIB. (ank)

Kontributor : MTSN1BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 315

Bagikan