Dalam Suasana Darurat, Perpustakaan Mutiara Ilmu MAN 2 Bantul Tetap Eksis


Dalam Suasana Darurat, Perpustakaan Mutiara Ilmu MAN 2 Bantul Tetap Eksis Layanan pengembalian buku siswa MAN 2 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-05-03 16:43:50

Bantul (MAN 2 Bantul) – Perpustakaan adalah bagian penting dari sebuah sekolah atau madrasah. Ribuan bahkan jutaan ilmu tersedia di dalamnya baik berupa media cetak bahkan saat ini juga menyediakan media ensiklopedia dari dunia maya. Namun dalam suasana darurat akibat wabah corona, pembelajaran tidak lagi dilakukan di sekolah, logikanya perpustakaan tidak lagi berfungsi terutama dalam kegiatan pembelajaran. Harus ada ide kreativitas dari sekolah khususnya pengelola perpustakaan untuk tetap memfungsikan ajang media baca ini walaupun situasi dan kondisi tidak menguntungkan.

Demikian yang dilakukan oleh Perpustakaan Mutiara Ilmu MAN 2 Bantul, tetap aktif memfungsikan perpustakaan walaupun tidak ada pembelajaran di madrasah. Pada hari Senin (27/4/2020) perpustakaan madrasah keterampilan Bantul itu melaksanakan proses pengembalian buku dari siswa kelas XII jelang lulus. Mengingat kondisi yang harus diberlakukan yaitu physical distancing saat para siswa datang ke madrasah, maka pengembalian buku diatur menurut jadwal secara bergantian dan dilaksanakan di laboratorium Biologi agar tidak mengganggu operasional perpustakaan.

Kepala Perpustakaan Mutiara Ilmu MAN 2 Bantul Dra. Siti Nuraini menjelaskan bahwa walaupun kondisi darurat namun pihaknya tetap melaksanakan kegiatan perpustakaan yaitu membuka laman perpustakaan di website madrasah sebagai bahan untuk pembelajaran online. Di samping itu, pihak perpustakaan juga berkonsentrasi mempersiapkan akreditasi perpustakaan yang direncanakan terlaksana tahun ini. “Kami berusaha untuk tetap memfungsikan perpustakaan dengan tiga kegiatan yaitu persiapan akreditasi, layanan pengembalian buku untuk kelas XII serta layanan melalui website madrasah”, tutur Siti Nuraini. (edp)

 

Info PPDB MAN 2 Bantul  http://www.man2bantul.sch.id/web_saba/info-ppdb/info-ppdb.html

 

 

 

Kontributor : MAN 2 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 239

Bagikan