Pembelajaran Jarak Jauh Dorong Guru MAN 4 Bantul Jadi Youtuber


Pembelajaran Jarak Jauh Dorong Guru MAN 4 Bantul Jadi Youtuber Foto Kegiatan Igna saat memberikan Materi Matematika dichanel Youtube
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-05-01 10:16:26

Bantul (MAN 4 Bantul) - Di tengah pandemi virus Corona ini, penting sekali bagi pihak madrasah dan orangtua untuk bekerja sama dalam melakukan aktivitas belajar dan mengajar di rumah. Terkadang, tidak mudah untuk mendampingi anak belajar di rumah tanpa ada guru. Untuk menjadikan Work from home (WFH) lebih bermanfaat guru dituntut untuk kreatif dalam memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik, banyak media yang bisa dimanfaatkan guru, salah satunya adalah youtube.

Guru matematika MAN 4 Bantul Iqna hibatallah memanfaatkan media youtube sebagai sarana kreatif dalam memberikan penjelasan kepada peserta didiknya.  Karena mata pelajaran Matematika merupakan pelajaran yang sulit untuk dipelajari sendiri tanpa adanya penjelasan. Menggunakan media youtube berarti belajar menjadi youtuber, meski dengan peralatan yang terbatas namun tidak nenyurutkan semangat untuk tetap berkarya. Kurang lebih 1 bulan menggunakan youtube, dengan nama channel Iqna hibatallah sudah mendapatkan 140an subscriber dan vidionya sudah tayang ribuan kali.

Kepala MAN 4 Bantul Singgih Sampurno, sangat mendukung apa yang dilakukan Iqna. “Kreativitas seorang guru dalam meningkatkan proses pembelajaran menjadi hal yang diperlukan untuk mengoptimalkan kompetensi peserta didik. Bukankah peserta didik yang hebat ditumbuhkan oleh guru yang hebat pula,”ungkap Singgih.

Masih kata Singgih, dengan adanya kreativitas guru dalam memberikan materi selama masa pandemi corona ini, menjadikan peserta didik merasa tidak bosan dan tetap bisa menerima penjelasan mapel matematika walau hanya lewat youtube. Mari selalu kita tingkatkan proses pembelajaran yang lebih baik demi tercapainya prestasi yang terbaik.

Tantangan selanjutnya bagi Iqna hibatallah adalah rutin dalam membuat konten pembelajaran agar chanelnya masuk dalam orbit pencarian sesuai dengan algoritma youtube. (ign/ica)

Kontributor : MAN4BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 264

Bagikan