Patuhi Aturan Social Distance MAN 3 Bantul Laksanakan Sidang Kelulusan Online


Patuhi Aturan Social Distance MAN 3 Bantul Laksanakan Sidang Kelulusan Online Kepala MAN 3 Bantul memimpin rapat Online
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-04-22 04:54:08

Bantul (MAN 3 Bantul)--Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa  Pandemik  virus Covid 19 mampu menjungkirbalikkan tatanan yang telah tertata apik sebelumnya. Banyak perubahan kontroversial yang terjadi. Antara lain seluruh siswa di Indonesia harus bersekolah dari rumah, UN dihilangkan, dan lain sebagainya. Hal-hal yang tadinya sesuai (SOP) standard operational procedure harus dilakukan, tiba-tiba berubah tata aturannya. Kondisi ini sangat wajar dilakukan dikarenakan musuh bersama yang harus diperangi adalah sesuatu yang tidak kelihatan. Sehingga penanganannya juga harus khusus.

Menyikapi hal tersebut maka harus dilakukan suatu cara agar semua syarat bisa dilakukan tapi tetap tidak membahayakan diri dengan melanggar aturan pemerintah terkait social distance. Social distancing atau kemudian dirubah istilahnya menjadi physical distancing  adalah salah satu langkah pencegahan dan pengendalian infeksi virus Corona dengan menganjurkan orang sehat untuk membatasi kunjungan ke tempat ramai dan kontak langsung dengan orang lain. Ketika menerapkan social distancing,  seseorang tidak diperkenankan untuk berjabat tangan serta menjaga jarak setidaknya 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain.  Karena hal tersebut maka kerumunan orang dalam jumlah banyak tidak diperkenankan.

Patuhi Aturan Social Distance MAN 3 Bantul Laksanakan Sidang Kelulusan Online

Patuhi Aturan Social Distance MAN 3 Bantul Laksanakan Sidang Kelulusan Online

Patuhi Aturan Social Distance MAN 3 Bantul Laksanakan Sidang Kelulusan Online

Kondisi ini menyebabkan hal penting yang urgent seperti rapat pun harus dilakukan secara online.  Termasuk rapat sidang kelulusan Kelas XII. Sidang kelulusan Kelas XII selama ini selalu dilakukan dengan cara pertemuan tatap muka, langsung  yang wajib dihadiri oleh seluruh guru tanpa terkecuali. Karena kewajiban social distancing maka pada sidang kelulusan tahun ini dilaksanakan berbeda. Yang hadir saat rapat di MAN 3 Bantul hanyalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, staf Waka Kurikulum dan wali kelas XII. Sehingga rapat bisa dilakukan dalam jarak duduk  yang diijinkan pemerintah. Guru yang lain mengikuti sidang tersebut   dari rumah karena sidang dilakukan juga dengan platform youtube. Link youtube  yang digunakan adalah yang privat sehingga hanya yang mendapat undangan saja yang bisa mengikuti.  Wakil Kepala MAN 3 Bantul Sumarna mengatakan dengan cara seperti ini maka kelulusan siswa kelas XII tetap dilaksanakan sesuai prosedur tapi juga tidak menyalahi aturan pemerintah untuk social distance. Kepala MAN 3 Bantul Nur Wahyudin Al Azis menyampaikan, “Sekarang ini menjadi kondisi yang pelik bagi semua sekolah. Sehingga diperlukan berbagai terobosan baru untuk tetap bisa menjalani semua proses akademik dengan baik. Dan semoga pandemik segera berakhir sehingga semua bisa kembali normal”.  (nrs)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 263

Bagikan