Siapkan Ruang Arsip, MAN 3 Bantul Menimba Ilmu pada Ahlinya


Siapkan Ruang Arsip, MAN 3 Bantul Menimba Ilmu pada Ahlinya Kepala TU bersama narasumber kearsipan dan karyawan TU di Ruang arsip MAN 3 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-04-20 08:53:12

Bantul (MAN 3 Bantul)-Arsip mempunyai peran penting dalam kelangsungan hidup organisasi, termasuk juga organisasi sekolah. Manfaat arsip sendiri bagi suatu organisasi antara lain berisi informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan juga dapat dijadikan sebagai alat bukti bila terjadi masalah dan juga dapat dijadikan alat pertanggung jawaban menajemen serta dapat dijadikan alat transparansi birokrasi.

Arsip dapat bermanfaat secara optimal bagi organisasi apabila dikelola dengan tertib dan teratur, namun sebaliknya apabila arsip dikelola dengan tidak tertib akan menimbulkan masalah bagi suatu organisasi. Menumpuknya arsipyang tidak ada gunanya serta sistem tata arsip yang tidak menentu akan mengakibatkan tata ruang terasa sempit dan tidak nyaman sehingga dapat berpengaruh negatif terhadap kinerja pelaksanaan tugas dan juga fungsi suatu organisasi. Apabila suatu arsip sulit untuk ditemukan akan menjadi hambatan dalam proses pengambilan keputusan dan akan mempersulit proses hukum dan pertanggungjawaban.

Sebaliknya jika arsip tertata rapi akan sangat mendukung kinerja organisasi tersebut. Menyadari hal tersebut maka Kepala Tata Usaha MAN 3 Bantul Bahar Rozaq, SH membuat terobosan membuat ruang arsip yang menarik dan rapi. Untuk melengkapi pemanfaatan ruang tersebut maka karyawan tata usaha MAN 3 Bantul mempelajari hal ihwal penataan arsip pada Sabtu (18/4 -2020). Kegiatan tersebut mengundang narasumber Merpati Giras Suherjanji, A. Md. dari Bagian Kearsipan Kantor Wilayah Kemenag DIY dan Edi Purwanto, SH. Bagian Arsip Kemenag  Kabupaten Bantul. Kegiatan tersebut terlaksana dengan lancar, diharapkan kemudian ruang arsip ini menjadi salah satu pendukung kuat kemajuan kinerja MAN 3 Bantul. “Kami haturkan terimakasih kepada kedua narasumber yang berkenan berbagi ilmu. Semoga Ruang Arsip MAN 3 Bantul bermanfaat positif mendukung berbagai kegiatan madrasah," tandas Bahar. (nrs)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 563

Bagikan