MTsN 6 Sleman Gunakan Aplikasi E-Learning Madrasah sebagai Media Pembelajaran Daring


MTsN 6 Sleman Gunakan Aplikasi E-Learning Madrasah sebagai Media Pembelajaran Daring
Kategori : OPINI
Tanggal : 2020-04-13 18:59:28

Demi menekan penyebaran virus corona atau Covid-19, satuan pendidikan di sejumlah wilayah Indonesia kini menerapkan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menggunakan aplikasi daring. Banyak aplikasi yang digunakan guru untuk melaksanakan pembelajaran secara online antara lain menggunakan Whatsapp, Google Classroom, Google form, Edmodo, dll.

Untuk menjawab tantangan untuk menyediakan wadah untuk pembelajaran Daring di lingkungan Madrasah. Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana dan Prasarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Kementerian Agama telah menyediakan aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk menyelenggarakan e-learning madrasah. Aplikasi E-learning Madrasah adalah sebuah aplikasi gratis produk Madrasah yang ditujukan untuk menunjang proses pembelajaran di Madrasah dari mulai Raudatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), agar lebih terstruktur, menarik dan interaktif. MTsN 6 Sleman mencoba mengambil kesempatan untuk menggunakan aplikasi tersebut untuk dijadikan salah satu media pembelajaran daring selain aplikasi lain yang telah digunakan sebelumnya. 

Tantangan terbesar yang dihadapi untuk mengimplementasikan aplikasi E-Learning tersebut adalah kurangnya sumber daya terutama dari segi jaringan internet dan kekuatan server. Server sempat beberapa kali down karena banyaknya user yang mengakses. Melalui beberapa perbaikan yang dilakukan oleh tim IT MTsN 6 Sleman akhirnya server sudah bisa digunakaan dengan baik, dan telah diujicoba diakses seluruh siswa secara bersamaan. 

Selain meningkatkan sumber daya di bidang teknologi, MTsN 6 Sleman juga mendorong guru-guru untuk meningkatkan kemampuan mengoperasionalkan aplikasi E-Learning Madrasah ini dengan mengikuti pelatihan secara online selama 3 hari mulai tanggal 28 sampai 30 Maret 2020, yang di selenggarakan oleh EDUTECH dari Jakarta.

Dengan e-learning madrasah diharapkan dapat pergunakan oleh setiap madrasah guna menunjang proses pembelajaran yang lebih terstruktur. menarik, dan interaktif. Sehingga diharapkan bisa mendorong guru MTsN 6 Sleman berinovasi di bidang teknologi informasi. Dimana setiap siswa dan guru di MTsN 6 Sleman dapat masuk dan mengakses fitur-fitur E-learning Madrasah antara lain Kelas Online, materi pembelajaran, jurnal guru, ujian berbasis komputer (CBT), dan pengolahan penilaian harian.

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 1962

Bagikan