Bangkitkan Semangat Belajar Milenial, Guru MAN 3 Bantul Mengajar via Instagram


Bangkitkan Semangat Belajar Milenial, Guru MAN 3 Bantul Mengajar via Instagram Pembelajaran Live IG Rahmat Okta
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-04-04 12:07:48

Bantul (MAN 4 Bantul)—Dalam mengelola pembelajaran online, MAN 3 Bantul membebaskan para guru untuk menggunakan media atau aplikasi apapun untuk menarik minat belajar siswa. Guru matematika MAN 3 Bantul, Rachmat Okta, menggunakan instagram sebagai salah satu media dalam pembelajaran. Penggunaan instagram tentu memiliki pertimbangan tersendiri. Pertama, anak-anak sekarang adalah anak milenial yang sangat aktif di media sosial salah satunya instagram. Selanjutnya, hal ini dimaksudkan agar penggunaan media sosial siswa dapat diarahkan untuk hal yang positif, yaitu untuk belajar. Hal ketiga yang mendasari Rachmat Okta menggunakan media instagram adalah dapat dilakukan komunikasi serta dialog dengan siswa secara langsung.

Teknis yang digunakan guru MAN 3 Bantul dalam mengajar melalui instagram adalah memanfaatkan fasilitas siaran langsung yang ada pada aplikasi tersebut. Pada saat siaran langsung tersebut siswa dapat menuliskan presensi pada kolom komentar. Selain presensi, siswa juga dapat menanyakan soal atau materi yang sulit dipahami. “Pertanyaan yang diajukan siswa itu akan kami jawab dan jelaskan sampai siswa benar-benar paham,” ujar Rachmat Okta. Oleh karena itu, guru benar-benar bisa membimbing dan memberikan solusi pada kesulitan siswa dalam memahami materi.

Bangkitkan Semangat Belajar Milenial, Guru MAN 3 Bantul Mengajar via Instagram

                Pembelajaran melalui instagram ini ternyata membuat siswa juga senang. Banyak siswa yang meminta pembelajaran seperti ini dilanjutkan selama masa belajar di rumah. Hal tersebut dikarenakan mereka lebih mudah memahami daripada hanya mempelajari materi di buku secara mandiri. Selain itu, para siswa juga langsung bisa menanyakan apabila ada hal-hal yang menurut mereka sulit untuk dipahami.

                Selain mendapat apresiasi siswa, pembelajaran via instagram ini juga mendapat dukungan dari civitas madrasah yang lain. Waka Kurikulum MAN 3 Bantul, Sumarna, sangat mendukung pembelajaran melalui instagram seperti ini. “Pembelajaran online seharusnya tetap mempertahankan adanya interaksi antara guru dan siswa. Jadi, guru tidak cukup hanya memberi tugas saja,” tegas Sumarna. (roa)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 502

Bagikan