Pembelajaran Daring Mapel Sejarah, MAN 1 Kulon Progo Manfaatkan Aplikasi Google Art and Culture


Pembelajaran Daring Mapel Sejarah, MAN 1 Kulon Progo Manfaatkan Aplikasi Google Art and Culture
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-31 13:36:27

KulonProgo (MAN 1 KP) – Semenjak ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan bahwa virus Corona atau COVID-19 sebagai pandemic karena telah menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini berdampak pada berbagai sector kehidupan seperti ekonomi, sosial, termasuk juga Pendidikan. Kepala Kantor Wilayah Kemenag DIY telah mengeluarkan himbauan terkait antisipasi penyebaran COVID-19 pada tanggal 19 Maret 2020. Di antara himbauan tersebut adalah himbauan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah peserta didik masing-masing dan para guru dapat melakukan proses pembelajaran melalui media daring (online).

Menyikapi hal ini, MAN 1 Kulon Progo memanfaatkan aplikasi Google Art And Culture pada mata pelajaran sejarah sebagai alternatif media pembelajaran jarak jauh. Google Art And Culture adalah platform yang dibuat oleh Google untuk menampilkan tentang seni, sejarah dan tempat menakjubkan yang ada di seluruh dunia. Dengana plikasi ini siswa dapat mengakses ribuan museum di Dunia melaui android.

"Berbagai layanan digital yang ada dalam aplikasi Google Art And Culture ini akan menjadi salah satu sarana belajar Sejarah selama masa Lock Down, sehingga diharapkan siswa tidak merasa bosan", kata guru mata pelajaran Sejarah, Naafi’ Al-Haq Apriliano, pada 27 Maret 2020.

Pernyataan ini didukung oleh Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M. Pd. Dalam pernyataannya ia mendukung segala model inovasi pembelajaran daring untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa dan tidak membebani mereka dalam pembelajaran.

Naafi’ memaparkan, langkah awal memanfaatkan aplikasi Google Art And Culture siswa diminta untuk membuka aplikasi melalui android dan memilih museum yang akan mereka kunjungi. Selanjutnya siswa akan melakukan petualangan dalam museum tersebut untuk melihat berbagai macam koleksi di dalamnya. Dan untuk mengevaluasi hasil pembelajaran tersebut siswa membuat laporan hasil tour virtual museum. (yan)

Kontributor : MAN1KP
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 2107

Bagikan