Darurat Korona, MAN 1 Sleman Intensifkan Pembelajaran E-Learning


Darurat Korona, MAN 1 Sleman Intensifkan Pembelajaran E-Learning
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-30 21:14:56

Sleman (MAN 1 Sleman) - Mewabahnya virus Corona akhir-akhir ini membuat MAN 1 Sleman mengintensifkan pelaksanaaan pembelajaran E-learning atau kelas online untuk melakukan proses belajar mengajar jarak jauh. E-learning merupakan suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Menerapkan E-learning di tengah situasi virus Corona bukan saja bermanfaat untuk melindungi para siswa dari penyebaran virus Corona, melainkan menerapkan E-learning juga bisa membangun rasa percaya diri dan kemandirian dari para siswa.

Drs. H. Soir, M.S.I, Kepala Madrasah mengatakan bahwa agar pembelajaran E-learning dapat terlaksana dengan baik diperlukan kerja sama guru, siswa dan orang tua. “semua guru diharapkan dapat memberi materi pembelajaran, evaluasi kepada Siswa berupa modul, tutorial, video, latihan soal, lembar kerja siswa dengan menggunakan media yang telah disepakati bersama. Sedangkan siswa juga harus aktif mempelajari bahan atau materi mata pelajaran, mengerjakan tugas atau berdiskusi dengan guru melalui media yang telah disepakati tersebut,” kata Soir saat menyampaikan informasi bahwa waktu belajar E-learning akan diperpanjang sampai dua pekan lagi melalui grup whatsapp (WA), Senin (30/3/2020).

Darurat Korona, MAN 1 Sleman Intensifkan Pembelajaran E-Learning

“Selain itu peran orang tua sangat menentukan sehingga Orang Tua  agar Memastikan siswa melaksanakan kegiatan belajar di rumah masing-masing dan membatasi izin kegiatan di luar rumah. Melakukan koordinasi dengan wali kelas, guru atau sekolah.  Membantu siswa menerapka pola hidup bersih sehat (PHBS) di rumah,“ lanjut Soir.

Sementara itu Musahir,M.Fis. berharap kepada para guru agar menyiapkan bahan ajar yang akan diunggah atau disebarkan kepada siswa melalui media atau aplikasi pembelajaran yang dipilih. Guru dapat menentukan media belajar yang sesuai dengan kondisi siswa. “Beberapa media yang dapat dipilih guru antara lain; grup Whatsapp, email, Google Clasroom, atau aplikasi media belajar lain rekomendasi Kemendikbud. Dengan demikian pemebelajaran E-learning ini tidak akan mengurangi kualitas dan pelayanan pembelajaran di MAN 1 Sleman,” ungkap Sahir.

Soleh Huditomo, S.Pd., guru mata pelajaran Bahasa Inggris mengajak semua guru untuk mempelajari media online yang canggih sehingga bisa melakukan pembelajaran dengan maksimal. “Saya kadang menemani belajar online seperti ini sampai sore bahkan ada siswa  yang sampai malam baru bisa menyelesaikan tugas. Tetapi saya senang, kadang-kadang anak malah asyik juga diajak belajar online. Kita ajak anak-anak untuk tidak menyerah walaupun harus belajar ajarak jauh, ” pesan Soleh yang sehariannya terlihat sabar menemani belajar siswa dengan aplikasi Easyclass. ( smn)                

                                                                                             

Kontributor : MAN1SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 400

Bagikan