Perintah Belajar di Rumah, Siswa MTsN 4 Bantul Minati Kelas Online


Perintah Belajar di Rumah, Siswa MTsN 4 Bantul Minati Kelas Online
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-27 21:51:42

Bantul (MTs 4 Bantul)--Semenjak perintah belajar di rumah, berdasarkan Surat Edaran Kanwil kemenag DIY No. B-1006/KW.12.1/4/HM.01/03/2020, siswa MTsN 4 Bantul makin minati belajar dengan kelas online. Surat edaran ini terkait antisipasi merebaknya wabah Corona Virus Desease Tahun 2019 (Covid-19) yang secara resmi diinstruksikan bahwa seluruh siswa  madrasah Instansi Kementerian Agama DIY diperintahkan untuk belajar di rumah. Ternyata kondisi ini diminati siswa MTsN 4 Bantul. Seluruh pembelajaran dilaksanakan melalui daring (dalam jaringan) berupa media social seperti Whatsapp, facebook, Blog dan google classroom dan sebagainya.

Siti Solichah,S.Pd dalam instruksinya mengatakan, semua bapak /ibu guru mata pelajaran diharapkan menggantikan pembelajaran dengan system daring diberikan setiap hari, dan dipantau oleh setiap wali kelas. “Di mohon segenap guru dalam memberikan tugas pembelajaran juga memperhatikan kondisi anak, jangan sampai anak-anak mengalami stress akibat beban banyak tugas yang diberikan guru," ujarnya. Perintah belajar di rumah dimulai tanggal 19 – 31 Maret 2020 , dimana guru dilakasanakan piket harian untuk mengkondisikan madrasah selama siswa belajar di rumah.

Antisipasi merebaknya virus corona-19 dengan kegiatan belajar di rumah ternyata diminati siswa. Hal ini dirasakan oleh Fadia, salah satu siswa  8H MTs 4 Bantul mengaku, “ belajar di rumah ini saya merasa lebih senang, dan leluasa dalam mengembangkan materi pelajaran dengan searching berbagai hal terkait pelajaran  yang selama ini kesulitan kesempatan pada waktu pelajaran regular di madrasah," ucapnya.

Kegiatan belajar di rumah cukup efektif untuk menjaga rutinitas belajar siswa ditengah merebaknya wabah virus corona saat ini. Walaupun kesempatan untuk bertatap muka langsung tidak ada, namun informasi dapat tersampaikan ke siswa sekaligus dapat mengedukasi mengenal virus, menjaga kesehatan dan bagaimana langkah yang harus ditempuh untuk mengantisipasi merebaknya virus ini. Dengan belajar di rumah siswa dapat belajar mandiri, mendukung program pemerintah juga dalam mencegah merebaknya virus corona, dan diharapkan orang tua memantau sepenuhnya kegiatan anak selama belajar di rumah. (khj)

 

Kontributor : MTSN 4 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 75

Bagikan