12 Siswa MAN 1 Yogya Lolos KSN Tingkat DIY


12 Siswa MAN 1 Yogya  Lolos KSN Tingkat DIY Siswa MAN 1 dengan pembimbing sebelum berlaga di KSN Kota Yogyakarta (10/3/2020)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-27 15:38:18

Yogyakarta (MAN 1 YK)--Dalam rangka memfasilitasi bakat, minat dan prestasi peserta didik di bidang sains, maka Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Sains Nasional (KSN). KSN sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religius, integritas, nasionalisme, mandiri dan gotong royong. Pelaksanaan tahapan KSN mulai dari tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, tingkat propinsi dan nasional dengan waktu pelaksanaan terjadwal.

Di tingkat kabupaten/kota dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan se-Indonesia. Pelaksanaan di Kota/Kabupaten Yogyakarta berlangsung pada Selasa, (10/3/2020) yang lalu. Pengumuman hasil dari KSN tingkat Kota/Kabupaten (KSN-K) tahun 2020 disampaikan melalui surat edaran Dinas Pendikan Pemuda  dan Olah raga nomor 42/02345 tertanggal 24 Maret 2020 tentang Hasil Kompetisi Sains tingkat Kabupaten/Kota .

12 Siswa MAN 1 Yogya  Lolos KSN Tingkat DIY

Berdasarkan hasil pengumuman dari Dikpora, prestasi membanggakan diraih siswa MAN 1 Yogyakarta dengan meloloskan 12 siswanya untuk maju ke KSN tingkat DIY. Selain itu prestasi yang diraih pada KSN tahun ini adalah dengan meraih juara di tingkat Kota Yogya pada bidang ekonomi atas nama Nafisa Aqiqoh dengan meraih juara 1 dan juara 2 bidang geografi yang direbut oleh Hasna Putri N.   

Kepala MAN 1 Yogyakarta menjelaskan, Keberhasilan siswa MAN 1 yang berhasil meloloskan 12 siswa ke tingkat provinsi dan berhasil meraih juara KSN tingkat kota, merupakan hasil pembinaan yang terprogram dan motivasi berprestasi dalam diri siswanya. Lanjutnya, pencapaian tahun ini melebihi dari tahun 2019, yang meloloskan 7 siswa dengan tanpa meraih juara di kota.

“Siswa MAN 1 Yogja masih harus berjuang di KSN tingkat provinsi, dengan pelaksanaan akan ditentukan selanjutnya,” ujarnya. “Diperlukan kerja keras dan keseriusan belajar dari siswa agar dapat diperoleh hasil yang optimal dan lolos ke tingkat nasional,” imbuhnya.

Wakamad Bidang Kesiswaan Soeprastiyono, M.Pd.I. menyampaikan, selengkapnya 12 siswa MAN 1 yang lolos ke tingkat provinsi adalah Nafisa Aqiqoh, Zahratunniza, dan Putri Salisa ketiganya di bidang ekonomi; bidang Geografi meloloskan 2 siswa atas nama Hasna Putri N dan Dayu Lintang P.

Kemudian di bidang matematika juga meloloskan 2 siswa atas nama Hakkam Ayyid R dan Sekar Salma H; dua siswa bidang biologi yaitu Muh. Mirza Bayuaji R dan Shafaya NH; melalui bidang komputer juga mengirimkan wakilnya melalui Rayhan Haldi H dan Muh Dody S; sedangkan Muh Tsaqif Haidar lolos dibidang Fisika.(prb/dzl)

 

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 238

Bagikan