Jadwal Pelunasan Biaya Haji Khusus Tahap I Diperpanjang Hingga 3 April 2020


Jadwal Pelunasan Biaya Haji Khusus Tahap I Diperpanjang Hingga 3 April 2020
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2020-03-26 09:22:04

Jakarta (PHU)—Setelah memperpanjang waktu pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) Reguler, Kementerian Agama juga memperpanjang waktu pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) Khusus.

Surat perpanjangan waktu pelunasan yang yang ditujukan kepada Pimpinan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) serta Bank Penerima Setoran Bipih Khusus ini menyikapi perkembangan terkini pandemik Covid-19 yang berdampak pada potensi terganggunya proses pelunasan Bipih Khusus Tahun 1441H/2020M.

“Menyikapi perkembangan terkini pandemik Covid-19 yang berdampak pada potensi terganggunya proses pelunasan Bipih Khusus Tahun 1441H/2020M, maka waktu pelunasan Bipih Khusus diperpanjang sampai 3 April 2020,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar melalui keterangan resminya. Rabu (25/03).

Nizar menjelaskan, waktu pelunasan Bipih Khusus Tahun 1441H/2020M Tahap Kesatu yang semula dari tanggal 16 - 27 Maret 2020 diperpanjang sampai dengan tanggal 3 April 2020.

Sehubungan dengan diterbitkannya surat dari Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi bertanggal 11/7/1441H/12/03/2020M tentang Permohonan Untuk Menunggu (Bersabar) dalam menyelesaikan  Kewajiban Baru Hingga Jelasnya Masalah Corona/Covid-19, Ia meminta kepada Pimpinan PIHK untuk menunda sementara pengajuan permohonan pengembalian Bipih Khusus ke PIHK (PK) sampai dengan batas waktu yang akan diinformasikan lebih lanjut.

“Kepada PIHK, kami meminta untuk menunda sementara pengajuan permohonan pengembalian Bipih Khusus ke PIHK (PK) sampai dengan batas waktu yang akan diinformasikan lebih lanjut,” jelasnya.

Ia juga meminta petugas Kemenag untuk menjaga jarak atau kontak langsung (social distancing)  dalam memberikan pelayanan kepada para PIHK/Jemaah haji terkait dengan

  1. Pengajuan permohonan pembatalan dilakukan melalui email : batal.hajikhusus@gmail.com;
  2. Pengajuan penggabungan mahram, pendamping lansia, Jemaah haji disabilitas, pendamping dan konsulyasi pelunasan Bpih Khusus dilakaukan melalui email : haji.khusus@gmail.com;
  3. Konsultasi perizinan/akreditasi PIHK dilakukan melalui email : perizinanhajikhusus@gmail.com.

“Kami juga mengimbau kepada petugas pelayanan di Kemenag untuk menjaga jarak atau kontak langsung (social distancing)  dalam memberikan pelayanan kepada para PIHK/Jemaah haji terkait dengan seluruh pelayanan haji khusus, agar dilaksanakan dengan tanpa tatap muka (daring),” tandasnya.

 

Sumber: haji.kemenag.go.id | eko

Kontributor : Eko Triyanto
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 107

Bagikan