Cegah Penyebaran Covid-19, MDMC Kulon Progo Lakukan Penyemprotan di MI Muhammadiyah Serangrejo


Cegah Penyebaran Covid-19, MDMC Kulon Progo Lakukan Penyemprotan di MI Muhammadiyah Serangrejo Penyemprotan Disinfektan oleh MDMC di MI Muhammadiyah Serangrejo, Senin (23/3/2020)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-24 14:24:34

Kulon Progo (MUSERA) – MI Muhammadiyah Serangrejo bekerjasama dengan MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) Kulon Progo melakukan penyemprotan disinfektan pada sejumlah titik sebagai upaya pencegahan penyebaran virus covid-19 di lingkungan madrasah, Senin (23/3/2020).  Empat petugas MDMC melakukan penyemprotan pada seluruh ruangan mulai dari ruang kelas, kantor guru, mushola, kamar kecil, perpustakaan dan halaman madrasah.

Kepala MI Muhammadiyah Serangrejo, Sumarsih menjelaskan penyemprotan dilakukan untuk meminimalisir adanya virus Covid-19 yang telah meluas serta melihat adanya data yang tersebar sudah ada beberapa ODP dan PDP di Kulon Progo, maka dia menilai perlu sekali dilakukan penyemprotan disinfektan di madrasah. “Kami bekerjasama dengan MDMC untuk hal ini sebagai antisipasi penyebaran virus, kami juga melakukan physical distancing semampu kita untuk tetap menjaga jarak ketika berada dalam satu ruangan, serta menerapkan budaya cuci tangan,” ungkapnya.

Cegah Penyebaran Covid-19, MDMC Kulon Progo Lakukan Penyemprotan di MI Muhammadiyah Serangrejo

Cegah Penyebaran Covid-19, MDMC Kulon Progo Lakukan Penyemprotan di MI Muhammadiyah Serangrejo

“Terkait dengan pembelajaran, kami mengikuti intruksi dari Dinas Pendidikan, Yayasan Muhammadiyah dan Kemenag untuk melakukan pembelajaran secara online (daring) salah satunya untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, anak-anak kami berikan pengarahan untuk tetap berada di rumah dan pemberian tugas ataupun penilaiannya kami sampaikan melalui WhatsApp grup bersama wali. Hal itu, Insya Allah tetap kami pantau dan untuk kegiatan kelas 6, seperti latihan ujian dan sebagainya, sementara kami mengikuti edaran dan menunggu instruksi selanjutnya dari pemerintah,” tambahnya.

Penyemprotan disinfektan dilakukan pada saat anak-anak belajar di rumah, karena pada saat penyemprotan, ruangan – ruangan harus kosong dan dalam keadaan kondusif. “Waktu-waktu seperti inilah yang tepat untuk melakukan penyemprotan. Harapannya kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin sampai masa pandemi berakhir. Jadi ketika siswa sudah mulai masuk, sekolah/madrasah sudah steril,” ungkap Tri Ari Wibowo, salah satu petugas dari MDMC. MDMC sendiri juga memberikan cairan disinfektan kepada madrasah, sehingga dapat digunakan sewaktu-waktu ketika membutuhkan.

Harapannya wabah Covid-19 ini segera berakhir, sehingga segala kegiatan khususnya yang berhubungan dengan pembelajaran dapat dilakukan dengan normal seperti sediakala, warga sekitar di lingkungan madrasah, guru serta karyawan dapat tertib mengikuti himbauan-himbauan dari pemerintah, terbebas dari ancaman virus Covid-19. (del/abi)

Kontributor : KEMENAGKP
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 45

Bagikan