Gandeng RRI, Kakanwil Edhi Sampaikan Empat Cara Cegah Penyebaran COVID-19 


Gandeng RRI, Kakanwil Edhi Sampaikan Empat Cara Cegah Penyebaran COVID-19  Kakanwil Edhi bersama Kepala RRI Redno Desy
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2020-03-23 18:11:36

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY) - Dalam rangka memberikan imbauan beribadah selama wabah COVID-19 kepada warga masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Kanwil Kementerian Agama DIY Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I melakukan rekaman siaran, Senin (23/3/2020) di RRI Yogyakarta. 

Dalam kunjungan tersebut Kakanwil Edhi didampingi Kasubbag Umum dan Humas Ahmad Fauzi, Pranata Humas Titik Nur Farikhah, dan Protokol Bhima Nata Hadi Surya. Sebelum memulai siaran rombongan diterima langsung oleh Kepala RRI Yogyakarta Dra. Redno Desy Swasri, M.Si dan Kepala Seksi Komunikasi Publik Layanan dan Pengembangan Usaha RRI Yogyakarta Surya Bachtera, S.Sos, AP. 

Gandeng RRI, Kakanwil Edhi Sampaikan Empat Cara Cegah Penyebaran COVID-19 

Ada empat hal yang disampaikan terkait pencegahan penyebaran COVID-19, diantaranya. Pertama, membiasakan diri dengan berperilaku hidup bersih dan sehat. Kedua, agar melakukan ibadah di dalam rumah termasuk dalam peringatan israk mikraj dan perayaan hari raya nyepi. Sementara untuk takmir masjid dan mushola, diimbau agar menggulung karpet. “Untuk para jamaah agar membiasakan wudlu dari rumah, membawa sajadah sendiri, dan menghindari kontak langsung seperti bersalaman,” imbaunya.

Ketiga, Membatasi atau menunda kegiatan keagamaan yang melibatkan masyarakat dalam jumlah besar, seperti pengajian akbar, majelis taklim, mujahadah termasuk kegiatan akhirussanah bagi pondok pesantren dan madrasah.

Keempat, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akibat wabah COVID-19 agar proaktif berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan puskesmas terdekat. Imbauan ini akan disebarluaskan ke masyarakat tidak hanya melalui radio RRI Yogyakarta namun juga ke tempat-tempat ibadah sebagai upaya pemerintah untuk menegaskan pentingnya isolasi mandiri, social distancing, dan selalu menjaga kebersihan diri. (tnf)

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 247

Bagikan