MAN 3 Bantul Laksanakan Pembelajaran Secara Online


MAN 3 Bantul Laksanakan Pembelajaran Secara Online Pembelajaran Online MAN 3 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-21 22:20:22

Bantul (MAN 3 Bantul)-Kondisi dan situasi yang cukup genting terkait penyebaran virus Covid 19 penyebab Penyakit Korona menyebabkan berubahnya kebijakan pemerintah. Kementerian Agama Republik Indonesia dengan berbagai pertimbangan akhirnya memutuskan agar siswa madrasah di seluruh Indonesia belajar dari rumah secara online atau daring.  Keputusan tersebut kemudian menyebabkan setiap madrasah merubah kebijakannya. Termasuk juga MAN 3 Bantul yang kemudian melakukan perubahan sistem pembelajaran dengan segala konsekuensi yang menyertainya.

Karakter siswa MAN 3 Bantul adalah sebagian besar sekitar 60 persen adalah santri pondok pesantren. Terdapat sekitar 13 pondok pesantren di seputar wilayah di sekitar MAN 3 Bantul. Santri biasanya tidak diperkenankan membawa dan atau memiliki gadget berupa laptop maupun handphone. Sehingga pilihan pembelajaran daring menjadi suatu tantangan tersendiri bagi pelaksanaannya. Karena itu dilakukan koordinasi khusus baik intern madrasah pada seluruh guru dan karyawan, serta ekstern dengan pengurus pondok-pondok pesantren. Bagi siswa yang bukan santri lebih mudah karena mereka semua memiliki handphone ataupun laptop untuk menunjang kegiatan pembelajaran online.

MAN 3 Bantul Laksanakan Pembelajaran Secara Online

MAN 3 Bantul Laksanakan Pembelajaran Secara Online

Pelaksanaan pembelajaran online diprogramkan mulai tanggal 23 – 31 Maret 2020 dengan dibuatkan jadwal khusus. Untuk kelas X dan XI berbasis whattsapp dikombinasikan dengan platform lain seperti google form, google classroom, Instagram, blog, dll. Sedangkan untuk kelas XII dengan menggunakan Ge School. Untuk santri pondok pesantren, pengurus pondok menyiapkan salah satu gadget yang dimiliki pengurus untuk digunakan santri secara bergantian baik untuk presensi ataupun mengerjakan tugas. 

Perjuangan mereka untuk belajar layak diberi acungan jempol, karena dalam keterbatasan mereka tetap berusaha maksimal. Waka Kurikulum MAN 3 Bantul Sumarna berharap agar tujuan pembelajaran bisa tercapai meski dalam kondisi darurat seperti sekarang. Guru diharapkan mampu membuat pembelajaran yang kaya isinya tapi mudah dicerna serta tidak memberatkan siswa.

Kepala MAN 3 Bantul Nur Wahyudin Al Azis menyampaikan, “Pembelajaran online dalam kondisi tanggap darurat seperti sekarang ini adalah wajib. Sehingga anak bisa tetap belajar tapi  diupayakan aman dari penyebaran virus Covid 19 yang masif. Semoga krisis ini segera berakhir, sehingga pembelajaran bisa kembali seperti semula”. (nrs)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 321

Bagikan