Tentukan Nilai Kelulusan, MAN 2 Bantul Selenggarakan Koreksi Bersama UMAD


Tentukan Nilai Kelulusan, MAN 2 Bantul Selenggarakan Koreksi Bersama UMAD Penjelasan Waka Kurikulum
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-21 11:15:56

Bantul (MAN 2 Bantul) – Ujian Madrasah (UMAD) adalah evaluasi tingkat akhir bagi siswa madrasah yang akan mengakhiri pembelajaran. Ujian yang bersifat tertulis tersebut walaupun dibuat di intern madrasah namun tetap dijamin standarisasinya sehingga setara dengan kualitas soal ujian nasional. Perlu diketahui juga bahwa nilai ujian tingkat madrasah ini justru menjadi penentu kelulusan siswa tingkat akhir. Oleh karena itu dalam melakukan koreksi seharusnya dilakukan secara profesional dan terstandar oleh masing-masing madrasah.

Demikian yang dilakukan oleh MAN 2 Bantul usai pelaksanaan UMAD langsung diselenggarakan koreksi bersama oleh para guru dengan sifat tertutup. Pada hari Senin (16/3/2020) semua guru madrasah keterampilan Bantul itu di pagi hari dikumpulkan di ruang guru untuk menerima penjelasan tata cara dan teknis koreksi oleh Waka Kurikulum Fitria Endang Susana, S.Pd. Dalam penjelasannya, guru Ekonomi MAN 2 Bantul tersebut menyampaikan informasi bahwa pihaknya telah melakukan koreksi secara scanning untuk jenis soal pilihan ganda.

Tentukan Nilai Kelulusan, MAN 2 Bantul Selenggarakan Koreksi Bersama UMAD

Menurut Fitria, semua guru tinggal mengoreksi soal essay yang masing-masing mata pelajaran dilakukan oleh dua orang guru sebagai korektor 1 dan 2. “Setelah dua korektor menyelesaikan tugasnya, maka nilai total hasil dari 2 korektor akan dirata-rata sebagai nilai akhir ujian madrasah”, tutur Fitria. Usai penjelasan, seluruh pendidik sebagai korektor 1 dan 2 diminta memasuki ruang korektor masing-masing untuk melaksanakan tugasnya. Belum sampai jam kerja pulang, seluruh guru sudah menyelesaikan koreksinya dan nilai UMAD siap dilaporkan. (edp)

 

Info PPDB MAN 2 Bantul  http://www.man2bantul.sch.id/web_saba/info-ppdb/info-ppdb.html

Kontributor : MAN 2 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 77

Bagikan