MTsN 3 Sleman Bersiap Pembelajaran Online


MTsN 3 Sleman Bersiap Pembelajaran Online Widodo, S.Pd saat memberikan pelatihan
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-19 16:38:00

Sleman (MTsN 3 Sleman) – Meluasnya wabah Corona Virus Disease 2019 di Yogyakarta dan kota-kota lain di Indonesia mendesak pemerintah untuk memutuskan pembelajaran online di sekolah sekolah pandemi corona.  Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta berupaya mencegah dan meminimalisasi penyebaran serta mengurangi risiko Covid-19 di kalangan madrasah dengan belajar di rumah melalui pembelajaran online.

Merujuk pada Surat Edaran dari Kanwil Kemenag DIY Nomor B-1006/Kw.12.1/4/HM.01/03/2020 MTsN 3 Sleman akan mengadakan kegiatan  pembelajaran secara online mulai Jumat 20 Maret 2020 hingga 2 April 2020. Untuk kelas VII dan VIII akan melanjutkan Penilaian Tengah Semester Berbasis Android hingga Sabtu 28 Maret 2020 selanjutnya para siswa akan melaksanakan pembelajaran online.

MTsN 3 Sleman Bersiap Pembelajaran Online

“MTsN 3 Sleman akan selalu mengikuti perkembangan terbaru baik dari dunia pendidikan dan kesehatan. Hari ini Bapak Ibu guru akan menerima sosialisasi sekaligus pelatihan pembelajaran dengan E-Learning dari Tim IT MTsN 3 Sleman. Semua guru dituntut untuk melek IT sehingga pembelajaran dan evaluasi jarak jauh bisa terlaksana, terpantau dan terukur,” tutur Kepala MTsN 3 Sleman Paijo, S.Ag saat memimpin rapat di ruang guru MTsN 3 Sleman, Kamis (19/3/2020) pagi. Kamad berpesan kepada seluruh warga madrasah agar bersatu padu berperilaku hidup sehat dalam menghadapi COVID-19 yang saat ini menghantui masyarakat.

Dalam kegiatan pelatihan E-Learning yang bertempat di Laboratorium TIK 3, Tim IT yang dipimpin oleh Widodo, S.Pd menawarkan beberapa pilihan model E-Learning kepada para guru. Yang pertama, menggunakan aplikasi gratis yang ada di internet, kedua menggunakan aplikasi Google Drive (Google Doc/ Google Sides dan Google Form-quizzes), ketiga menggunakan Google Classroom dan yang terakhir menggunakan Personal Blog.

“Kami sudah meminta rekanan kita untuk membuat aplikasi E-Learning sesuai kebutuhan kita, namun mungkin membutuhkan waktu yang agak lama. Jadi kami akan menawarkan empat opsi untuk dipilih,” ungkap Widodo saat memulai pelatihan.

Dari pemaparan yang disampaikan oleh Tim IT, para guru memilih menggunakan aplikasi Google Drive. Opsi ini dipilih karena dipandang lebih mudah diakses oleh siswa-siswi MTsN 3 Sleman. “Mengingat belum semua murid MTsN 3 Sleman memiliki email untuk log in di beberapa aplikasi maka kami akan memilih yang simple, mudah diakses oleh anak dan mudah dibuat oleh para guru,” jelas Waka Kurikulum MTsN 3 Sleman Umu Hani, S.Pd saat pelatihan. (dee)

Kontributor : MTSN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 681

Bagikan