MTsN 3 Sleman Mulai Terapkan PTS Berbasis Android


MTsN 3 Sleman Mulai Terapkan PTS Berbasis Android  Pendamping Pengawas memastikan semua peserta tidak mengalami kendala
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-19 13:14:05

Sleman (MTsN 3 Sleman) – Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia berkembang sangat pesat. Kemajuan TIK tersebut dapat kita rasakan diberbagai bidang, salah satunya di bidang Pendidikan. Para guru dapat berinovasi dan berkreasi menggunakan TIK dalam pembelajaran dan penilaian untuk meningkatkan kualitas dan prestasi.

Mengikuti perkembangan Instructional Technology  saat ini, MTsN 3 Sleman mulai Kamis (19/3/2020) menggunakan android untuk Penilaian Tengah Semester Genap. “PTS Berbasis Android ini pertama kali dilaksanakan di MTsN 3 Sleman yang selanjutnya akan diterapkan dalam pembelajaran dan penilaian secara online. Saya berharap kebijakan ini dapat menghemat anggaran, tenaga dan waktu, ” tandas Kepala Madrasah MTsN 3  Sleman Paijo, S.Ag. Kamad menambahkan terkait meluasnya paparan COVID-19 maka mulai besok Jumat (20-3-2020) murid MTsN 3 Sleman kelas VII dan VIII mengerjakan PTS di rumah dengan menggunakan android masing-masing hingga tanggal 28 Maret 2020 dan dilanjutkan dengan Pembelajaran Online dari rumah hingga 3 April 2020.

MTsN 3 Sleman Mulai Terapkan PTS Berbasis Android

Wakil Kepala Bidang Kurikulum Umu Hani, S. Pd menyampaikan PTS Berbasis Android ini dilaksanakan untuk menyambut instruksi Mas Menteri tentang merdeka belajar. Bahwa  tahun 2020 guru dan siswa saatnya go IT. MTsN 3 Sleman akan menuju paperless baik berkaitan dengan kegiatan peserta didik, pendidik, maupun tenaga kependidikan. Perlahan MTsN 3 Sleman akan menjadi Madrasah Berbasis Digital.

Sebelumnya para guru diberi pelatihan tentang pembuatan soal online terlebih dahulu oleh teknisi. Para guru sangat berantusias saat diberi pelatihan karena mereka bisa menggunakan media gambar, grafik yang berwarna dan tetap jelas dilihat siswa. Mereka menghemat tenaga dan waktu dengan tidak mengoreksi jawaban dan menganalisa jawaban siswa. Para guru langsung bisa melihat hasil dan langsung bisa menentukan tindak lanjut.  

Menurut Kepala Tata Usaha MTsN 3 Sleman Susana Widyawati, S.Pd penggunaan paperless test dengan android ini  berhasil memangkas hampir 66% anggaran madrasah. "Sangat efisien, karena tidak menggandakan soal dalam jumlah banyak dan hanya membeli aplikasi saja" ungkap Kepala TU. 

Para siswa menyambut baik gebrakan baru MTsN 3 Sleman   ini. “Lebih mantap pakai android dan teman-teman lebih jujur ngerjain. Soalnya diacak jadi tidak bisa bertanya ke teman” tutur Shifayah siswi kelas VIII E. Berbeda dengan Muhammad Hada Azka Faza kelas VII E, ia mengungkapkan bahwa menggunakan android untuk mengerjakan soal terasa asik, karena seperti bermain game. (dee)

Kontributor : MTSN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 908

Bagikan