Perangi Corona, MAN 1 Bantul Galakkan Gerakan Cuci Tangan


Perangi Corona, MAN 1 Bantul Galakkan Gerakan Cuci Tangan Begitu sampai MAN 1 Bantul, siswa langsung mencuci tangan dengan sabun.
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-16 09:38:52

Bantul (MAN 1 Bantul) – Peningkatan korban virus Corona di Indonesia semakin hari semakin bertambah pesat. Walaupun begitu, Gubernur DIY menyatakan di Yogyakarta tidak terjadi KLB Corona. Siswa masih diwajibkan bersekolah dengan senantiasa menjaga kebersihan guna mencegah penularan Corona. MAN 1 Bantul pun ikut memerangi Corona dengan tidak panik dan berperilaku berlebihan, tetapi tetap menjaga kewaspadaan. Mulai Senin (16/3/2020) MAN 1 Bantul mengimbau siswa untuk tidak berjabat tangan dan menggalakkan gerakan cuci tangan.


“Yang harus dilakukan ketika memasuki madrasah adalah siswa tidak bersalaman terlebih dahulu, cukup menganggukkan wajah sambil tersenyum dan menyapa,” ungkap Kepala MAN 1 Bantul, Abdul Ghofur, S.Ag., M.Pd. Selain mengurangi kontak fisik dengan tidak berjabat tangan, begitu datang ke madrasah siswa juga diwajibkan mencuci tangan dengan sabun. Begitu pula sebelum dan setelah melakukan berbagai aktivitas.


“Madrasah juga akan menyediakan hand sanitizer di beberapa titik, tetapi yang lebih efektif adalah cuci tangan menggunakan sabun, dengan langkah yang benar, dan air mengalir,” ungkap Heni Prilantari, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum. Penggunaan masker hanya ditujukan pada siswa yang sakit seperti batuk dan pilek. Siswa juga dibiasakan untuk tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut apalagi dengan tangan yang kotor. 


Siswa diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, menjaga kesehatan, makan makanan bergizi, istirahat cukup, dan banyak olahraga. MAN 1 Bantul juga mengimbau siswa untuk tidak pergi ke tempat-tempat keramaian terlebih dahulu. “Aktivitas luar yang kurang perlu dilakukan, sebaiknya dihindari,” tambah Ghofur.


“Mari kita saling mengingatkan, ya. Siswa boleh mengingatkan sesama temannya, mengingatkan bapak ibu guru dan pegawai juga kalau ada yang lalai, demi menjaga kesehatan untuk diri kita. Kesehatan itu kita jaga bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk lingkungan. Oleh karena itu, gerakan ini hanya akan efektif jika kita lakukan bersama-sama,” pesan Ghofur.


Selain selalu waspada dan menjaga kesehatan, Ghofur juga berpesan kepada siswa dan warga madrasah untuk selalu berdoa supaya mendapat perlindungan dari Allah SWT. "Jangan lupa untuk selalu berdoa, berzikir, dan bersalawat, supaya kita semua senantiasa dalam perlindungan Allah, amin," pungkas Ghofur. (mry)
 

Kontributor : MAN 1 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 609

Bagikan